PEKANBARU - Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Maestro Indonesia telah menggelar uji kompetensi (Ujikom) terhadap 80 karyawan, bidang restoran dan perhotelan di Hotel Novotel, Kota Pekanbaru, Minggu (11/4/2021). Ujikom ini guna mendapatkan sertifikat dari BNSP, dengan standar okupasi yang sudah harmonisasi dengan Asean Qualitifications Reference Framework (AQRF), Asean Common Competency Standar for Tourism Profesionals (ACCST) dan Common Asean Tourism Curiculum (CATC) serta internasional.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru, Ardiansyah mengatakan tahun ini setidaknya sebanyak 320 karyawan yang terdiri dari room attendant, waiter, receptionist dan baker yang menjadi peserta Ujikom tersebut. Ia berharap, seluruh peserta ini akan mendapatkan sertifikasi profesi agar dapat menjadi bekal penunjang karier dan citra positif pelayanan mereka di mata costumer.

"Alhamdulillah, kita bersyukur karena tahun ini ada 320 asesi (peserta ujian, red) yang dapat mengikuti uji kompetensi, semoga semuanya bisa mendapatkan sertifikat kompetensinya. Karena ini bisa jadi bekal bagi karyawan untuk berkarier lebih baik, dan tentunya bagi hotel bisa meningkatkan kepercayaan dan citra positif di mata customer," ujarnya.

Selanjutnya, Ardiansyah berharap di masa depan, baik pemerintah, berbagai asosiasi, dan BNSP akan bersinergi lebih erat untuk melakukan sertifikasi seluruh pegawai guna meningkatkan kualitas pelayanan. Ia juga berharap sertifikasi ini dapat menjadi ajang berbagi informasi dan inovasi terbaru dibidang restoran dan perhotelan.

Sementara itu, General Manager Novotel Pekanbaru, Sentot Lasiyanto mengaku sertifikasi ini dibutuhkan agar kompetensi karyawan mendapat pengakuan hingga internasional. Sehingga dapat mendukung rasa percaya diri dan perkembangan karyawan itu sendiri.

"Karena mereka inikan calon-calon GM. Kita harap mereka dapat mengelola kemampuannya, dan diakui melalui sertifikasi ini," pungkasnya.

Adapun PIC LSP Maestro Indonesia Provinsi Riau Indra Utama, mejelaskan agenda Ujikom hari ini merupakan yang terakhir dari rangkaian agenda yang digelar sejak tanggal 7 April 2021 lalu. Total asesi yang diuji mencapai 320 karyawan, yang diuji di Hotel Premier, Hotel Pangeran, Hotel Mutiara Merdeka dan Novotel Pekanbaru. ***