SIAK – Sedikitnya 300 di Kampung Benteng Hilir, Mempura, Siak terendam banjir. 17 l KK diantaranya memilih mengungsi ke aula Kantor Penghulu, sisanya ada yang memilih bertahan di rumah masing-masing dan ada yang mengungsi di rumah saudara.

"Kami atas nama pemerintah daerah turut prihatin atas musibah banjir yang terjadi. Bapak, ibu tetap bersabar semoga musibah ini segera berakhir. Berdasarkan sumber resmi BMKG bulan November ini puncaknya curah hujan. Namun pada Desember nanti intensitas hujan mulai menurun,” ujar Wakil Bupati Siak, Husni Merza saat menemui warga korban banjir di Aula Kantor Kampung Benteng Hilir kecamatan Mempura, Senin, (14/11/2022) petang.

GoRiau

Wabup Husni mengatakan penyebab banjir, selain faktor alam curah hujan dalam dua minggu terakhir cukup tinggi juga karena banyak kanal yang tersumbat. Akibatnya air meluap ke pemukiman warga.

"Hampir di sejumlah kecamatan mengalami banjir, ada ribuan warga yang ditimpa bencana banjir. Kita punya alat, namun terbatas dan tak bisa diturunkan karena debit air di kanal terlalu dalam. Tapi tetap kita pantau,” kata dia.

GoRiau

Pada kesempatan itu Wabup Husni menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Penghulu Benteng Hilir berupa pakaian sabun, peralatan masak dan sembako untuk dibagikan kepada warga yang saat ini menumpang di aula kantor Penghulu.

”Ini bantuan dari kami semoga dapat meringankan beban warga yang terdampak banjir," kata dia.

GoRiau

Usai temui warga korban banjir Wabup Husni melihat pemukiman warga yang terendam banjir. (kl3)