PEKANBARU -- Sebanyak 1.502 warga binaan atau narapidana (napi) di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekanbaru, Riau, telah menjalani tes usap (swab test). Berdasarkan hasil tes yang sudah keluar, 207 napi dinyatakan positif Covid-19.

''Swab massal yang kami lakukan kepada warga binaan maupun pegawai, hasilnya baru keluar kemarin. Dari 1.502 warga binaan, yang terkonfirmasi baru 207 orang,'' ungkap pelaksana tugas (Plt) Kalapas Pekanbaru Alfonsus Wisnu Ardianto, Selasa (3/11/2020), seperti dikutip dari Kompas.com.

Sambung Alfonsus, selain 207 warga binaan, sembilan petugas Lapas juga positif Covid-19. Para petugas yang terkonfirmasi positif tertular virus mematikan itu menjalani isolasi mandiri.

''Kami masih menunggu konfirmasi dari hasil 1.502 warga binaan itu, apakah akan ada penambahan atau tetap 207 orang. Kegiatan swab massal kami laksanakan sejak 26 Oktober lalu,'' ujar Alfonsus.

Alfonsus menegaskan, pihaknya sudah mengambil tindakan guna mengurangi serta mengantispasi penularan yang lebih luas.

''Sudah kita lakukan tindakan cepat, seperti penyemprotan desinfektan, pembersihan kamar-kamar. Selain itu, warga binaan yang positif Covid-19 disatukan dalam satu blok hunian di Lapas Pekanbaru, yakni Blok G,'' kata Alfonsus.***