SIAK SRI INDRAPURA - Secara keseluruhan kawasan kumuh di Kabupaten Siak sebanyak 172,86 haktar dan berada di tujuh lokasi. Rinciannya, empat titik di Kecamatan Tualang, satu titik di Kecamatan Minas, satu titik Kecamatan Kandis, dan satu titik di Kecamatan Koto Gasib.

Untuk merealisasikan 0 persen kawasan kumuh seperti program Presiden Jokowi yang harus selesai 2019 mendatang, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tarukim Kabupaten Siak, Irving Kahar memaparkan sebundel konsep design penataan kawasan kumuh perkotaan di lantai keramik teras masjid Jami' Darussalam, Perawang, Kecamatan Tualang.

"Empat titik kawasan kumuh di Kecamatan tualang itu, berada di kawasan atas pipa, kawasan bawah pipa, belakang pasar, dan Desa Tualang. Ini harus sudah tuntas semuanya pada 2019 nanti," kata Irving Kahar pada rapat terbatas untuk staf namun terbuka untuk masyarakat, Jumat (7/7/2017) usai salat Jumat.

Dalam suasana sederhana dan bersahaja, tak mengenal tempat dan waktu, Bupati Kabupaten Siak, Drs H Syamsuar MSi terlihat serius mendengarkan penjelasan Irving bersama dengan Kabid Tata Ruang, Ferdi, Camat Tualang, Zaliek, dan Penghulu Kampung Tualang, Jufrizal.

Dijelaskan Irving tentang kebijakan 100-0-100 program Presiden Jokowi ini adalah 100 persen pelayanan atau pengadaan air bersih, 0 persen kawasan kumuh, dan 100 persen sanitasi.

"Ini konsepnya, Pak. Setelah ini kita buat Detail Enginerring Design (DED). Selanjutnya kita ajukan ke Kementerian PU PR untuk mendapatkan APBN," ucap Irving sembari duduk berhadapan dengan Bupati.

Orang nomor satu di negeri Istana ini berharap tahun 2019 program ini tuntas dilaksanakan. Syamsuar mengatakan, program Pemerintah Pusat ini harus didukung karena menyentuh pada kesejahtraan masyarakat dan dia melayani siapapun selagi itu kepentingan masyarakat.***