SELATPANJANG - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim melaksanakan pengambilan sumpah jabatan dan pengukuhan pejabat struktural eselon II, III, dan IV di lingkungan pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Selasa (6/8/2019) di Afifa Sport Center, Kepulauan Meranti.

Adapun jumlah pejabat yang dilantik dengan rincian 6 pejabat Eselon II, 37  Pejabat Eselon III dan 68 orang Pejabat Eselon IV.  Melalui proses ini sejumlah pejabat mengalami mutasi dan pergantian struktur, bahkan ada yang di non job kan.

Adapun 4 pejabat yang di non job kan tersebut ditanggapi beragam, ada yang akan memasuki usia pensiun, ada yang pindah keluar daerah, bahkan ada yang dianggap tidak berprestasi.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kepulauan Meranti H Said Hasyim, mengatakan pelantikan ini merupakan kegiatan rutin untuk memenuhi kebutuhan dan mempercepat roda organisasi pemerintahan daerah lebih baik lagi. 

Wakil Bupati juga menyampaikan kepada pejabat yang dilantik untuk menyadari bahwa jabatan hanyalah sebuah ujian.

"Jabatan adalah ujian, untuk menghadapi ujian itu hendaknya bertafakur dan bertobat agar dijauhkan dari segala marabahaya dan dijauhkan dari segala godaan," kata Said Hasyim.

Dikatakan Said, tidak ada yang berhasil tanpa melalui sebuah proses ujian, makin tinggi ujian, maka makin tinggilah tingkat keberhasilannya. 

"Mari kita sadari bahwa jabatan yang didapatkan bukan sebuah kebanggaan, jalankan saja dengan sabar dan bekerjalah dengan baik. Ini hanya sementara, siapa yang lulus ujian maka dia akan naik kelas. Sebenarnya yang menguji itu diri kita sendiri, dan yang terpenting itu adalah penilaian dari masyarakat, saya ingatkan bekerjalah dengan tanggung jawab," ujar Said.

Dikatakan mantan Sekda Siak ini, didapatkannya sebuah jabatan atau tidak sama saja, karena itu hanya sebuah titel.

"Eselon tidak ada apa - apanya, itu hanya sebuah titel, ada dan tidak ada eselon sama saja. Bekerjalah dengan baik, jadilah orang yang terpilih dan jangan sampai jadi mentimun bungkuk. Jabatan itu amanah, jadi harus siap ditempatkan dimana saja. Jangan sampai melampaui jabatan yang diberikan," kata Said.

Sekilas Informasi untuk nama pejabat Eselon II Dilingkungan Pemkab Kepulauan Meranti yang dilantik yaitu :

1. Drs Revirianto jabatan lama kepala Dinas DPMPTSPTK jabatan baru Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan.

2. Drs H Said Asmaruddin jabatan lama sebagai Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan dan kemudian menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup.

3.Idris Sudin jabatan lama menjabat sebagai Camat Rangsang Barat dan kemudian menjabat jabatan baru sebagai Kepala DKPTPP.

4.Asroruddin jabatan lama menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial P3APPKB dan menjabat jabatan baru sebagai Dinas DPMPTSPTK.

5. Agusyanto jabatan lama menjabat sebagai Sekretaris Bappeda dan menjabat jabatan baru sebagai Kepala Dinas Sosial P3APPKB.

6.Helfandi yang menjabat sebagai Camat Tebing Tinggi kini menjabat sebagai Kasat Pol PP menggantikan Joko Surianto yang sudah memasuki usia pensiun.

Adapun pejabat yang di Non job kan antara lain, Jaka Insita yang menjabat sebagai Kepala DKPTPP, Hendra Putra yang menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Efialdi,  yang menjabat kepala Badan Pengelola Perbatasan, dan Agus Hilal yang jabatannya sebagai Sekretaris Dinas Perhubungan. (advertorial)