CIAMIS -- Sebelas siswa MTs Harapan Baru, Ciamis, Jawa Barat, tewas setelah tenggelam di Sungai Cileueur, Jumat (15/10/2021). Mereka tenggelam saat mengikuti kegiatan susur sungai.

Dikutip dari detikcom, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya memantau langsung pencarian para korban tenggelam. Dia mengonfirmasi dengan pihak sekolah berkaitan jumlah siswa yang ikut kegiatan dan yang tenggelam.

''Walaupun baru sementara, dari 150 peserta yang mengikuti kegiatan, yang kembali ada 139 siswa ke sekolah. Tidak kembali kena musibah atau meninggal dunia sebelas orang. Yakni delapan lelaki dan tiga perempuan,'' ujar Herdiat di RSUD Ciamis, Jumat (15/10/2021).

Mewakili Pemkab Ciamis, Herdiat menyampaikan duka cita atas insiden tersebut. Herdiat pun memastikan musibah itu terjadi saat para siswa mengikuti kegiatan susur sungai di Sungai Cileueur, Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing.

''Sebetulnya rutin dilaksanakan MTs Harapan Baru di Pesantren Cijantung Ciamis,'' kata Herdiat.

Menurut dia, kondisi air di sungai itu sebetulnya tenang di permukaan. Namun di lokasi itu terdapat pertemuan arus sungai yang kemungkinan di bawahnya terdapat arus pusaran air.

''Cuma itu muara dua aliran sungai di depan mentok ada putaran air di dalam. Sebelas jenazah yang ditemukan itu dalam satu titik,'' tutur Herdiat.

Pantauan detikcom di lokasi kejadian, Tim SAR dari BPBD Ciamis, Basarnas, TNI-Polri dibantu masyarakat melakukan pencarian sejak sore hingga Jumat malam. Satu per satu jasad korban tenggelam berhasil ditemukan. Jasad korban kemudian dievakuasi ke IPJ RSUD Ciamis.***