PEKANBARU - 109 Personel TNI AU Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau dan Yonko 462 Paskhas mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi. Prosesi tersebut dipimpin langsung oleh Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI TBH Age Wiraksono, Senin (2/10/2017) pagi.

Mereka terdiri tujuh orang Perwira Menengah, delapan orang Perwira Pertama, 58 orang Bintara, 31 orang Tamtama serta lima lainnya adalah pegawai negeri sipil (PNS/ASN). 109 Personel tersebut mendapatkan kenaikan pangkat dan golongan, satu tingkat lebih tinggi dari sebelumnya.

Ini merupakan kenaikan pangkat periode Oktober 2017, di mana dalam setahun ada dua kali kenaikan pangkat, yakni 1 Juli dan 1 Oktober. Proses kenaikan pangkat ini ditandai dengan pelaksanaan upacara pelantikan kenaikan pangkat serta laporan Korps kenaikan pangkat perwira di Lanud Roesmin Nurjadin.

"Kenaikan pangkat yang diterima bukanlah sebuah hadiah, tetapi buah dari etos kerja, dedikasi serta kinerja yang telah ditunjukkan selama ini," ungkap Danlanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Marsma TNI TBH Age Wiraksono, dihadapan seluruh personel yang mendapatkan kenaikan pangkat ini.

Menurut dia, kenaikan pangkat diharapkan tidak dianggap sebagai tradisi rutin saja, melainkan merupakan sebuah penghargaan, sekaligus kepercayaan pimpinan atas kinerja yang ditunjukkan selama ini terhadap berbagai kriteria, dan persyaratan tertentu yang harus dipenuhi oleh setiap personel.

"Oleh karena itu, selain mensyukuri anugerah yang telah diterima, para personel hendaknya mewujudkan rasa syukur tersebut dengan menunjukkan kinerja dan pengabdian yang lebih baik lagi, karena idealnya kenaikan pangkat juga harus diiringi dengan meningkatnya pelaksanaan tugas dan tanggung jawab sesuai bidangnya masing-masing," kata dia.

Termasuk pula pada setiap hal yang berkaitan dengan tugas, yang tentunya semakin tidak mudah seiring munculnya hambatan dan tantangan dimasa depan. Age Wiraksono berharap seluruh personel menyikapi dan mengantisipasi itu dengan bijak, dan mengembangkan komunikasi yang baik, serta memberikan solusi sehingga pelaksanaan tugas akan semakin optimal.

Dengan kenaikan pangkat tersebut diharapkan dapat menambah semangat, motivasi, dan mendorong para personel untuk meningkatkan kinerja dan pengabdiannya kepada TNI AU dan juga Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Usai upacara kenaikan pangkat, para personel tersebut lalu dibariskan dengan pakaian dinasnya di lapangan, dan diguyur air menggunakan dua unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar). Ini menjadi tradisi yang digelar bagi personel yang mendapat promosi (Naik Pangkat, red). ***