DUMAI - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Dumai turunkan 10 dokter hewan untuk mengawasi kesehatan hewan yang akan dipotong pada perayaan Idul Adha 1440 Hijiriah mendatang.

Kepala DKPP Kota Dumai, Hadiyono, menyebutkan, 10 dokter hewan tersebut akan disebar ke seluruh kecamatan yang ada di Kota Dumai.

Pengawasan kesehatan hewan kurban tersebut dilakukan untuk memastikan tidak adanya penyakit pada Sapi, Kambing serta kerbau yang akan dipotong.

"kita juga menurunkan 60 orang petugas untuk membantu pengawasan kesehatan hewan kurban," kata Hadiyono, kepada GoRiau.com, Senin (5/8/2019).

Disebutkannya juga, setiap hewan kurban yang lolos dari penyakit dan cukup umur untuk disembelih akan diberi label dari pihaknya.

"Saat ini, pihak kita sudah turun ke lapangan untuk mengecek kondisi hewan kurban yang dijual oleh pedagang, dan belum kita temukan adanya penyakit pada hewan tersebut," katanya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menghimbau kepada seluruh pengurus masjid serta masyarakat yang ikut serta dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban untuk dapat melaporkan kepada pihaknya apabila menemukan adanya penyakit pada hewan yang akan disembelih.

"Jika nanti ada laporan, kita akan meminta tanggup jawab dari pedagang, dan kita harapkan tidak ada pedagang yang curang dalam menjual hewan kurbannya, baik itu terkait kesehatan maupun bobot hewan yang dijual," katanya kembali.

Selain itu, panitia juga diharapkan tidak menggunakan kantong plastik daur ulang dalam mengkemas daging kurban yang akan dibagikan ke masyarakat. ***