MALANG - PS Barito Putera harus menelan kekalahan dari Arema FC pada pekan ke-15 Kompetisi Sepakbola Liga 1 2019, Senin (19/8/2019) malam WIB. Pada laga di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur tersebut, Laskar Antasari kalah dengan skor 1-2 atas Arema.

Dua gol Arema FC dicetak oleh Hamka Hamzah dan Ricky Kayame. Sementara, Barito Putera menipiskan kekalahan melalui gol yang dicetak oleh Gavin Kwan di menit-menit akhir laga. 

"Selamat untuk Arema yang bisa petik poin penuh pada pertandingan malam ini," ucap pelatih Barito Putera, Yunan Helmi usai pertandingan.

Yunan Helmi menyebut para pemain Barito Putera sudah tampil cukup bagus. Dari segi ball possession, Rizky Pora dan kolega dinilai sudah bermain sesuai rencana tim. Tetapi, hasilnya memang belum maksimal.

"Saya pikir pertandingan cukup seru dan memang hasil akhir juga itu yang sebetulnya dicari," tandas asisten pelatih Timnas Indonesia tersebut.

Menurut Yunan Helmi, ada beberapa alasan mengapa Barito Putera bisa kalah. Pertama, Barito Putera cukup lemah dalam transisi dari menyerang ke bertahan. Hal ini memudahkan Arema FC ketika sedang menyerang.

"Ketika transisi dari menyerang ke bertahan agak sedikit terlambat menutup celah," kata Yunan Helmi.

Kedua, Yunan Helmi juga tidak memungkiri bahwa absennya Rafael Sivla membawa dampak bagi permainan Barito Putera. Meskipun, Barito sebenarnya juga sudah menyiapkan taktik dengan absennya pemain asal Brasil itu

"Dengan atau pun tanpa Rafael kita sudah merencanakan untuk pertandingan tersebut. Akan tetapi, mungkin keberuntungan belum dapat. Kalau tanpa Rafael, bisa iya dan bisa tidak," tutup Yunan Helmi. ***