PEKANBARU, GORIAU.COM - Tidak ingin berlarut-larut dengan bencana yang melanda Pasar Senggol Giant Panam, Pekanbaru Riau, pihak pengelolah dari Yayasan Pekanbaru Metro Madani (YPMM) langsung mengambil langkah taktis. Yakni memfasilitasi pedagang yang kiosnya terbakar.


Pedagang yang kiosnya ludes terbakar, untuk sementara akan dipindahkan ke lahan parkir belakang Giant. Lahan tersebut persis berada disamping kios tersebut. "Untuk saat ini, kita akan menempatkan mereka disana," ujar Ketua Dewan Pengawas YPMM, Hendra Bonju kepada GoRiau.com di lokasi kejadian, pada Senin (29/7/2013)


Hendra mengatakan pihaknya malam ini akan memasukkan kayu yang akan dipergunakan untuk lapak. Lapak tersebut akan dibangun ketika seluruh sisa-sisa kebakaran tersebut dibersihkan. "Makanya kita ajak seluruh pedagang gotong royong, membersihkan kios masing-masing," ulasnya.


Untuk tenda, sementara ini pihak YPMM akan meminta bantuan Polda Riau. Hal tersebut dilakukan belum adanya informasi dari Kementrian Koperasi Indonesia untuk menyediakan tenda. "Semoga Polda mau membantu kita," harap Hendra.


Sedangkan untuk santunan, pihak YPMM belum bisa menjanjikan apa-apa. Saat ini, Hendra mengatakan sedang melakukan pendataan terhadap pedagang yang kiosnya terbakar. "Kita baru sebatas pendataan, kita tidak mau dianggap pemberi harapan palsu nanti," tegasnya.


"Insyaallah dalam dua hari kedepan, pedagang bisa berjualan lagi," tutupnya.(san)