JAKARTA - Pertandingan cabang olahraga (cabor) gulat Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020 akan digelar di GOR Futsal Dispora Merauke, Papua, 8-14 Oktober 2021.  Technical Delegate (TD) Cabor Gulat PON XX Papua, Yahya Madjid mengatakan, pertandingan gulat akan memperebutkan 18 set medali emas, perak dan perunggu. Dan, dia memastikan tidak ada perunggu ganda, sebagaimana diminta oleh tuan rumah.

“Kita mengacu pada peraturan gulat internasional, hanya satu perunggu di setiap kelas atau ketegori,” kata Yahya Madjid seperti dalam release yang dikeluarkan Humas PB PGSI, Selasa (28/9/2021).

Pertandingan wushu akan melibatkan 25 wasit dan 27 perangkat pertandingan dari Jakarta. Mereka akan bertolak ke Merauke pada 3 dan 4 Oktober mendatang. Di Merauke, ada 38 tenaga lokal, serta 12 perangkat dari Jayapura.

Yahya Madjid menjelaskan, kompetisi gulat PON XX Papua akan tersaji menarik dan seru. Sebagai penanggung-jawab cabor gulat untuk PON XX Papua ini Yahya Madjid mengakui sudah melakukan berbagai upaya agar penyelenggaraan kompetisi gulat selama enam hari itu berlangsung baik, lancar, aman dan nyaman.

“Cabor gulat harus aman dari gangguan, baik dari dalam atau luar gedung pertandingan,” ujar Yahya Madjid, yang terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak berwenang, baik menyangkut keamanan dan pengamanan maupun kesehatan.

“Prinsipnya, kompetisi gulat harus berjalan lancar, siapapun yang mencoba-coba melakukan keributan akan  langsung berhadapan dengan petugas keamanan. Pokoknya, zero accident,” kata Yahya Madjid, mengulang pernyataan dari penanggung-jawab keamanan klaster Merauke, Kapolsek/KP3 Merauke, Iptu Lalang.

Yahya Madjid juga menjanjikan, kompetitor cabor gulat akan menjadapatkan pelayanan yang baik setiba di Merauke. Dia menjamin, tidak akan ada yang terlantar, misalnya tidak ada penjemputan di bandara, seperti yang dialami sejumlah cabor. “Saya terus melakukan koordinasi mengenai berbagai hal, dari penjemputan, pengamanan, dan medis,” tegasnya.

Yahya Madjid menerangkan, seluruh kompetitor cabor gulat diharapkan sudah berada di Merauke pada 5 Oktober. Pada 6 dan 7 Oktober diadakan refreshing wasit dan perangkat pertandingan. Tempat pertandingan, di GOR Futsal Dispora Merauke, sementara tempat latihan di GOR Hiad Sai, Merauke.

Ada 18 kelas yang dipertandingkan, terdiri atas enam kelas di kategori gaya bebas dan gaya grego putra, serta enam kelas di gaya bebas putri. Enam kelas di gaya bebas putra, kelas hingga 57 kg, 65 kg, 74 kg, 86 kg, 97 kg dan 125 kg. Enam kelas di gaya grego, kelas 60 kg, 67 kg, 67 kg, 87 kg, 97 kg, dan 130 kg. Sedangkan enam kelas di gaya bebas putri, kelas hingga 50 kg, 53 kg, 57 kg, 63 kg, 68 kg dan 76 kg.***