PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau akan menelusuri rombongan para santri yang baru saja pulang dari Pondok Pesantren (Ponpes) Magetan, Provinsi Jawa Timur (Jatim). Sebab, santri yang terpapar Covid-19 dari klaster Ponpes Magetan ini juga sangat banyak, termasuk Riau.

"Rombongan santri yang dari Ponpes Al Fatah Temboro Magetan ini kemarin pemulangannya mandiri. Berbeda dengan rombongan santri dari Pesantren Lirboyo yang kami terima di MTQ dan didata bulan kemarin," kata Kepala Diskes Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir di Gedung Daerah Provinsi Riau, Senin (4/5/2020).

Makanya, kata Mimi, Diskes harus melakukan tracing (melacak) untuk mengetahui berapa jumlah para santri dari Ponpes Magetan yang pulang ke Riau tersebut.

"Sampai sejauh ini, beberapa santri Ponpes Magetan asal Riau yang telah dinyatakan positif Covid-19 ada di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dan Bengkalis. Ini akan kami tanyakan juga ke santrinya, teman santrinya yang orang Riau dimana saja tinggalnya untuk memudahkan tracing," ujarnya.

Mimi merincikan, bahwa saat ini sudah ada lima orang warga Riau yang pulang dan berkaitan dengan klaster dari Ponpes Magetan yang telah dinyatakan positif Covid-19.

Pertama, pasien SAR (19) atau pasien ke-41dinyatakan positif Covid-19 di Riau pada 29 April 2020 lalu. SAR, santri asal Inhil ini dinyatakan positif Covid-19 usai pulang dari Ponpes Magetan, pada 12 April 2020 lalu.

Kedua, pasien B (27) atau pasien ke-48 positif Covid-19 di Riau. B juga memiliki riwayat perjalanan dari Magetan pada 18 April 2020. "Sehingga pasien B ini dari klaster Pondok Pesantren (Ponpes) Magetan, Jatim," sebutnya.

Ketiga, pasien S (17) atau pasien ke-49 positif Covid-19 di Riau, warga Inhil dan sudah diisolasi di Inhil. "S memiliki riwayat perjalanan dari Magetan pada 12 April 2020. Juga termasuk klaster Ponpes Magetan Jatim," ujarnya.

Keempat, pasien A (26) atau pasien ke-50 positif Covid-19 di Riau, merupakan warga Inhil dan sudah diisolasi di Inhil. "A memiliki riwayat perjalanan dari Magetan pada 14 April 2020 dan merupakan Klaster Ponpes Magetan Jatim," jelasnya.

Kelima, pasien YG (23) atau pasien ke-51 positif Covid-19 di Riau, warga Kabupaten Bengkalis dan sudah diisolasi di Bengkalis. "Pasien YG juga dari Klaster Ponpes Magetan Jatim," sebutnya. ***