BENGKALIS-Cuaca panas sejak sebulan belakangan ini membuat kebakaran hutan dan lahan mulai muncul di Kabupaten Bengkalis. Setidaknya satu titik api mulai terpantau sejak tiga hari belakangan di Kecamatan Bandar Laksamana yang berbatasan langsung dengan Kota Dumai.

Karhutla ini terjadi tepatnya di Dusun Bukit Lengkung, Desa Tanjung Leban, Kecamatan Bandar Laksamana. Saat ini petugas gabungan masih melakukan upaya pemadaman.

Camat Bandar Laksamana, Acil Esyno  pada Sabtu (6/2/2021) turun melakukan pemantauan lokasi yang terbakar.  "Kondisi terakhir dari pamadaman yang dilakukan tim gabungan beberapa hari ini sudah ada bagian yang bisa dikontrol,” ujarnya Minggu (7/2/202).

Dipaparkan Acil, petugas di lapangan sudah membuat sekat basah untuk mencegah api terus meluas. Sebagian lagi masih dilakukan pemadaman oleh petugas gabungan Karhutla Bengkalis.

Hingga Sabtu kemarin luas lahan terbakar sudah mencapai sekitar 5 hektare. Lahan yang terbakar sebagian lahan kosong dan sebagian lagi kebun masyarakat yang sawitnya masih berumur sekitar dua tahunan.

"Terkait sumber api kita belum ketahui berasal dari mana, mungkin pihak kepolisian nantinya yang menyelidiki sumber api yang menyebabkan karhutla ini," ujar Acil.

Tim gabungan yang melakukan pemadaman darat terdiri dari personil TNI, Polri, Damkar, Mangala Agni, MPA dan masyarakat. "Kita juga sudah mencarikan alat berat untuk membantu pemadaman," ujar Camat.***