PEKANBARU - Rusaknya jaringan seluler provider Telkomsel membuat sejumlah warga Pekanbaru ramai-ramai beralih menggunakan provider lain, karena kebutuhan internet yang sangat tinggi.

Pantauan GoRiau.com di sejumlah kios ponsel seputaran Harapan Raya, Gobah hingga HR Soebrantas tampak dipenuhi oleh masyarakat yang ingin membeli kartu seluler baru.

Salah seorang pedagang kartu seluler yang enggan menyebutkan namanya, mengaku lonjakan ini terjadi sekitar jam shalat ashar, pasca info tentang kebakaran gedung Telkomsel viral di media sosial.

"Iya bang, sekitar jam 3 sudah mulai banyak orang yang beli kartu baru," katanya kepada GoRiau.com ini, Selasa (11/8/2020).

Ditanya apa kartu yang paling banyak dibeli orang, ia menjawab three. Namun, sejak Maghrib tadi banyak pembeli yang juga mengeluh dengan leletnya jaringan three.

Tak hanya itu, kios yang hanya mempekerjakan dua orang ini tampak kewalahan menjawab pertanyaan dan keluhan para pembeli, terutama dari kalangan orang-orang yang sudah berumur.

GoRiau Suasana di salah satu kios pon
Suasana di salah satu kios ponsel di Jalan Harapan Raya.
Masih pantauan GoRiau, sejumlah orang berusia lanjut mendatangi kios yang berada di Jalan Kelapa Sawit ini, empertanyakan terkait jaringan Telkomsel yang hilang sejak tadi siang.

Yang menjawab bukan pedagang, tetapi para pembeli lain. Obrolan tentang jaringan Telkomsel ini kemudian memancing orang-orang yang berada di lokasi tersebut. Semua mengeluhkan hal yang sama.

Selain itu, para penjaga kios juga kebingungan menjawab keluhan yang disampaikan para pembeli, diantaranya kartu yang tak terbaca di smartphone pembeli hingga smartphone yang tak support kartu seluler merk Smartfren, hingga yang tak support 4G.

"Registrasi sendiri bisa ya buk? Soalnya kalau semua diregistrasikan, gak terhandle sama saya," keluhnya.

GoRiau Kantor Telkomsel yang terbakar
Kantor Telkomsel yang terbakar tadi siang.
Sementara itu, kantor Telkomsel tampak dalam kondisi mati lampu dan bau kabel terbakar masih menyengat di hidung masyarakat yang melintas, dari radius 100-150 meter TKP. ***