BENGKALIS-Masyarakat Desa Muara Dua dan beberapa desa lainnya di Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis mengeluhkan kondisi jalan poros yang rusak parah. Kondisi ini sudah berlangsung lama dirasakan masyarakat beberapa desa di Kecamatan Siak Kecil yang melewati jalan yang berbatasan dengan Kabupaten Siak Sri Indrapura.

Andi salah seorang warga mengungkapkan bahwa masyarakat sangat kesulitan dalam menjalankan roda perekonomian karena faktor jalan yang makin lama makin rusak.

“Liat saja mas jalannya makin parah, inilah yang dirasakan masyarakat beberapa desa di Kecamatan Siak Kecil ini,” ujarnya, Kamis (22/7/2021).

Padahal jalan itu merupakan satu-satunya akses bagi masyarakat beberapa desa untuk mengangkut hasil perkebunannya. “Jalan itu merupakan jalan utama mengangkut hasil perkebunan warga,” sebutnya.

Yang sangat memprihatinkan kata Andi, saat memasuki di musim penghujan, kondisi jalanan licin banyak genangan air di tengah jalan. Tak pelak sering terjadi kecelakaan karena kondisi jalanan yang licin dan becek.

Masyarakat sangat berharap ada perhatian Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui dinas terkait. “Kami berharap kepada Pemerintah Bengkalis bisa memperbaiki dan membangun jalan ini,” pintanya.

Terpisah, Camat Siak Kecil ketika dikonfirmasi mengungkapkan setiap tahun dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan masuk dalam skala prioritas. “Kita prioritaskan di setiap Musrenbang Kecamatan di urutan pertama dan juga melalui anggota DPRD dapil kita sudah menyampaikan di paripurna beberapa waktu lalu,” ungkap Fadlul.

Ia juga memberikan apresiasi kepada masyarakat dalam hal berswadaya melakukan perbaikan jalan yang rusak. Ia juga mengharapkan kepada masyarakat maupun pengusaha terkhusus yang memiliki sawit agar dapat menyesuaikan dengan kondisi jalan yang ada.

Camat juga menyebutkan bahwa letak wilayah desa berada di perbatasan dengan Kabupaten Siak, apabila jalan itu diperbaiki akan berdampak kemajuan antardesa perbatasan dua kabupaten karena bisa tembus ke desa tetangga.

“Harapan khusus mungkin Pemerintah Provinsi Riau bisa membangun jalan tersebut karena jalan yang ada bisa menembus langsung ke Kabupaten Siak sehingga masyarakat kita tidak perlu menempuh waktu yang lama untuk ke Pekanbaru,” harap Camat.