JAKARTA - Calon Wakil Presiden nomor urut 02 pada Pilpres 2019, Sandiaga Uno, menyatakan akan hadir saat Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Sandiaga juga akan menyaksikan penyampaian RUU APBN Tahun Anggaran 2020 serta nota keuangan oleh Presiden Jokowi, pukul 14.00 WIB.

"Saya akan hadir di pidato kenegaraan pembacaan nota keuangan," ujar Sandiaga di kediaman Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (15/8/2019) kemarin.

Kehadiran Sandiaga tersebut sekaligus mewakili Prabowo Subianto. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu memastikan Prabowo tidak hadir di Sidang Tahunan MPR. "Pak Prabowo sudah terjadwalkan acara yang lain, jadi beliau tidak akan hadir. Saya akan hadir," kata Sandiaga.

Acara Sidang Tahunan MPR akan dibuka Ketua MPR Zulkifli Hasan pada pukul 08.30 WIB, dilanjutkan dengan pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo.

Setelah itu, Jokowi akan membacakan pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 pada sidang bersama DPR-RI dan DPD-RI.

Kemudian, di tempat yang sama, Jokowi juga akan berpidato dalam rangka penyampaian Rancangan Undang-Undang APBN Tahun Anggaran 2020 disertai nota keuangan dan dokumen pendukungnya. Pidato itu disampaikan dalam rangka rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2019-2020.***