PEKANBARU, GORIAU.COM - SMPN 1 Pekanbaru yang terletak di jalan Sultan Syarif Kasim nomor 157 Kota Pekanbaru kembali meraih prediket tertinggi hasil Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2012/2013. SMP unggulan ini juga mampu meraih kelulusan 100 persen.

Prediket terbaik hasil nilai UN ini merupakan prestasi tahunan SMPN 1 Pekanbaru ini. Sebab, hasil UN tahun-tahun sebelumnya juga diraih sekolah vavorite ini.

Pada pengumuman kelulusan, Sabtu (1/6/2013) pukul 16.30 WIB, sebanyak 171 siswa yang sedari pagi menunggu hasil kelulusannya melonjak kegirangan. Pasalnya, tak satupun di antara mereka yang dinyatakan tidak lulus.

Sekolah yang memiliki motto TOP ini juga tidak membiarkan siswanya ugal-ugalan pasca menerima tanda kelulusan. Sehingga, serangkaian acara keagamaan pun digelar jelang tanda kelulusan diumumkan.

"Sekolah kita ini mottonya TOP, yakni Tertib, Optimis dan Profesional. Maka kita kemas acara sehingga tidak membuyarkan ketertiban siswa kami. Siswa tertib, guru profesional mengajarkan, dengan semangat optimisme siswa berhasil menimba ilmu," ujar kepala SMPN 1 Hj. Armiati, S.Pd.

Katanya, sebelum dilangsungkan pengumuman kelulusan, siswa diwajibkan mengikuti sholat ashar berjamah. Setelah itu digelar zikir bersama dan dilengkapi taushiah oleh ustad Misbahudin. Setelah semua selesai, baru 171 siswa dibariskan di halaman upacara.

"Sengaja kita mulai agak sore, sehingga waktunya sempit untuk melaksanakan coret-coret pakaian. Maka kita kemas seperti ini," katanya.

Sedangkan nilai rata-rata tertinggi ujian nasional sekolah ini adalah 9,3. Sebanyak 12 siswa mampu meraih angka matematika sempurna dengan nilai 10.

"Sekarang 9,3 target tahun depan 9,5. Mudah-mudahan tercapai," katanya.

Armiati juga berharap, agar siswa yang berhasil lulus tahun ini, bisa melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi sesuai dengan keinginannya.(kha)