TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Meski pemekaran Kabupaten Indragiri Selatan (Insel) saat ini belum diputuskan oleh DPR RI, namun isu baru mulai muncul, yakni pemekaran Indragiri Hilir menjadi Indragiri Utara dengan ibukota Guntung. Keinginan itu semakin kuat dengan adanya kontrak politik calon Gubernur Riau, Herman Abdullah dengan warga, Selasa (8/10/2013).


Herman Abdullah meneken kontrak politik pembentukan Kabupaten Indragiri Utara saat berkunjung ke Desa Air Tawar, Kecamatan Pulau Sambu. Dalam kontrak politik yang dihadiri pada tokoh di daerah itu, Herman Abdullah berjanji akan memfaslitasi pembentukan Kabupaten Indragiri Utara.


''Sebelum Pak Herman, calon Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan juga sudah menandatangani kontrak politik pembentukan Indragiri Utara,'' ujar tokoh masyarakat Uca Samantari. Ia mengatakan sangat berterima kasih kepada Herman Abdullah yang bersedia hadir di Desa Air Tawar Pulau Sambu.


Sementara Herman Abdullah dalam sambutannya mengatakan sangat senang dengan antusias masyarakat Air Tawar yang menerimanya dengan baik. ''Saya sangat mendukung sekali pemekaran ini, apalagi sebelumnya Pak Wardan, Bupati inhil terpilih juga ikut menandatangani ini semakin menguatkan bahwa insyallah Kabupaten Indragiri Utara akan terwujud,'' ucapnya.


Ditambahkannya, pemekaran wilayah juga akan mempermudah pengurusan administrasi dan pelayanan masyarakat yang selama ini sangat jauh dari ibu kota kabupaten. ''Insyalah kalau saya dipercayakan menjadi Gubernur Riau, saya akan membangun dan akan mensejahterakan masyarakat inhil ini,'' tuturnya. (rls)