SELATPANJANG - Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H. Said Hasyim melakukan pelantikan Kepala Desa Mengkikip Tarmizi, dalam pelantikan itu Wabup menekankan kepada kades agar berhati-hati dalam penggunaan dana Desa, agar tidak menimbulkan masalah hukum. Ia mengingatkan dalam penyusunan program harus melibatkan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD). Pelantikan bertempat di halaman Kantor Desa Mengkikip, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, pada Rabu (16/10/2019).

Turut mendapingi Wabup, Staf Ahli Bupati Drs. H. Askandar, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Drs. Ikhwani, Kepala Dinas Perkebunan T. Efendi, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Drs. Idris Sudin, Kadis Pendidikan Meranti Drs. Nuriman, Kabag Tata Pemerintahan Sekda Meranti Jon Hendri SIP M.Si, Camat Tebing Tinggi Barat Drs. Said Jamhur, Kapolsek Tebing Tinggi Barat Ipda AGD Simamora, Sekretaris Dinas PU Meranti M. Arif, Sekretaris Dishub Meranti Umaiyah, serta sejumlah pejabat terkait lainnya. 

Setelah melalui prosesi Pemilihan Kepala Desa serentak se-Kabupaten Meranti Periode 2019-2026, Tanggal 26 Agustus 2019 lalu, kini tibalah waktu pelantikan Kades Mengkikip terpilih Tarmizi. Pelantikan diawali dengan Pembacaan SK Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si, tentang pengangkatan Kepala Desa Mengkikip terpilih Kecamatan Tebing Tinggi Barat Periode 2019-2026.

Pengangkatan itu berdasarkan Pemilihan Kades Serentak Tanggal 26 Agustus 2019 dan Surat Camat Tebing Tinggi Barat.

Selanjutnya Pelantikan Kades yang langsung dilakukan oleh Wakil Bupati Drs H. Said Hasyim, dimulai dengan pembacaan dan pengucapan sumpah oleh Wabup diikuti oleh Kades Mengkikip yang dilantik dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serta pemasangan tanda jabatan oleh Wabup kepada masing-masing Kades.

Usai melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah Kades mengkikip terpilih Tarmizi, disaksikan ratusan masyarakat, Wabup H. Said Hasyim berpesan kepada Kades untuk dapat menjalankan tugas dengan baik dan mulai detik itu segala bentuk persaingan yang terjadi ditengah masyarakat dibuang jauh-jauh.

"Saya harap Kades dapat bekerja dengan baik sesuai sumpah yang diucapkan, usai pelantikan ini tidak ada lagi blok-blok atau kelompok, diharapkan semua dapat menjadi pendukung Kades terpilih," harapnya.

Karena menurut Wabup pelantikan Kades ini pada hakekatnya bukan untuk kelompok pemenang tapi mewakili semua masyarakat Mengkikip secara keseluruhan.

"Pelantikan ini bukan untuk kelompok pemenang tapi mewakili seluruh masyarakat Mengkikip," ucap Wabup menegaskan.

Adapun program yang harus dijalankan Kades meliputi berbagai bidang baik pemerintahan, pembangunan kemasrakatan, ekonomi, kesehatan, pendidikan, SDM, SDA dan lainnya.

Kemudian terkait penggunaan dana Desa sebesar 1.5 Miliar lebih ditiap Desa, Wabup Meranti sekali lagi mengingatkan dapat digunakan secara amanah, caranya dengan melibatkan Badan Pemusyawaratan saat penyusunan prograk kegiatan, hal ini juga untuk mengantisipasi timbulnya masalah dikemudian hari. Apalagi saat ini sesuai intruksi Presiden terkait penggunaan dana desa diawasi secara ketat oleh pihak penegak hukum.

"Kades wajib memusyawarahkan penggunaan dana Desa, jika tidak BPD dapat mempertanyakan," jelasnya. (rls)