BENGKALIS, GORIAU.COM - Ada-ada saja ulah pegawai negeri sipil (PNS) di Pemkab Bengkalis. Salah satunya, adanya pegawai yang tak masuk kerja, tetapi absen tetap ada yang menandatangani. Tak urung, Wakil Bupati Bengkalis H Suayatno yang melakukan inspeksi mendadak, Selasa (26/3/2013) terkejut.

Akibatnya Wabup berang, meski begitu, karena sidak ini baru sekali ditemukan, Wabup mengingat agar PNS yang menandatagani dan PNS yang tak masuk untuk menanamkan sikap jujur.

“Ini juga salah satu persoalan yang kita temukan. Ada pegawai yang tak hadir tapi absennya ditandatangani. Hal seperti ini tak bagus dan tak jujur. Kedepan kita berharap hal semacam ini tidak kembali terulang. Jika hal ini tidak diindahkan, bukan hanya pegawai yang tak hadir yang bakal dikenakan sanksi tapi juga temannya yang menandatangani,” imbuhnya.

Apakah hal ini bukti salah satu kelemahan sistem absensi yang diterapkan selama ini, Wabup mengakui untuk setakat ini memang masih sebatas itu yang mampu dilakukan. Secara bertahap Pemkab Bengkalis akan terus membenahi dan melengkapi kekurangan yang ada.

Wabup juga menegaskan sidak kemarin tidak ada sangkut pautnya dengan kasus penangkapan dua PNS yang nyabu di Kantor Bupati. Sidak tersebut hanya menyakut kedisiplinan pegawai. “Secara umum tingkat kehadiran PNS sudah sangat baik. Hanya beberapa orang saja yang tidak hadir,” tutupnya. (jfk)