JAKARTA - Jejaring media sosial ramai berseliweran sejumlah rekaman video yang menampilkan gerombolan pelajar SMK/SMA yang ikut bergabung dengan mahasiswa saat berdemo menolak UU KPK hasil revisi dan RKUHP di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Dari berbagai video viral, tagar Anak STM sempat menjadi trending topic di Twitter.

Dalam salah satu video viral, tampak rombongan pelajar yang masih berpakaian putih abu-abu itu kompak berjalan sambil mengibarkan bendera Merah-Putih. Selanjutnya, anak-anak STM itu lalu berlarian ke arah massa mahasiswa yang sedang bentrok dengan apara kepolisian di depan gedung DPR.

Warget pun memuji aksi para pelajar STM itu yang ikut membantu mahasiswa turun ke jalan. Pasalnya, diketahui para pelajar ini kerap diidentikkan warga sering menjadi biang onar tawuran.

"Respect aja liat Anak STM turun kejalan bergabung sama Mahasiswa. Taulah yaa. Anak STM biasanya auto barbar. #HidupMahasiwa #HIDUPRAKYATINDONESIA," demikian cuitan akun Marsen, C@marsen_c seperti dikutip Suara.com, Rabu (25/9/2019).

"Semangat kalian adek2 .. Hobby yg selama ini d tolak masyarakat kini d dukung penuh 100% . Lanjutkan perjuangan kk kk mahasiswa. So proud of you Mahasiswa dan Anak STM " cuit Akun ikharohmah, @ikhadika1.

Dari video viral itu, banyak warganet yang menuliskan dialog anak-anak STM itu dengan mahasiswa yang berdemo.

"Anak STM : "Kak, Biarkan kami ikut karna kami juga Rakyat Indonesia"Mahasiswa : "Bantu kami memperjuangkan bangsa. Anak STM : "SIAP!!! Biarkan kami eksekusi kakak yang orasi. BARIS DEPAN ADALAH BAGIAN KAMI," tulis Akun KITA INDONESIA, @RakyatEnamDua.

Warganet lain pun menganggap jika siswa STM sudah turun aksi, situasi negara dalam keadaan genting. "Kalau anak STM turun tangan berarti negara dalam bahaya.Yee kan?" tulis Akun @anisaaaa29.***