PEKANBARU - Memasuki kawasan militer di lapangan udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pakanbaru, wajib mengikuti protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan oleh pemerintah, yaitu 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

Pantauan GoRiau.com saat memasuki pintu gerbang Lanud Roesmin Nurjadin Pakanbaru, yang pertama terlihat adalah tulisan imbauan di papan berukuran 50×50 centimeter, dengan tulisan "Kawasan wajib menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak''.

Jangan coba-coba masuk dengan tidak menggunakan masker, sebab masyarakat maupun anggota tentara nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU), tanpa terkecuali tidak akan diberikan masuk oleh polisi militer AU.

Selain itu, di setiap kantor satuan kerja yang ada di Lanud Roesmin Nurjadin Pakanbaru, juga terpampang tulisan-tulisan agar selalu menerapkan 3M, dan tersedia tempat cuci tangan, lalu akan dilakukan pemeriksaan suhu oleh petugas di kantor tersebut.

Tidak ada satu pun orang yang masuk di kawasan Lanud Roesmin Nurjadin Pakanbaru, yang tidak mengenakan masker, dan saat masuk ke ruangan kantor, seluruhnya melakukan cuci tangan dan menjaga jarak. Hal itu dilakukan baik dari para pimpinan Lanud Roesmin Nurjadin, hingga seluruh personel TNI AU.

"Terimakasih, beberapa hal yang kami terapkan dimasa pandemi Covid-19 ini. Pertama seluruh anggota Lanud, baik itu komandan satuan kerja tidak ada pengecualian, untuk selalu menggunakan masker, selalu mencuci tangan, secara rutin, setelah kegiatan maupun sebelum kegiatan. Juga setiap kegiatan kita atur jaraknya," ujar Kepala Rumah Sakit dr Sukiman Lanud Roesmin Nurjadin Pakanbaru, Mayor Kes Agus Sukamto SpPD kepada GoRiau.com, Selasa (13/10/2020).

Selain itu jelas Agus, untuk kegiatan besar yang dilakukan, jika biasanya peserta yang dihadirkan full sesuai dengan kapasitas gedung, disaat pandemi Covid-19 ini, pihaknya hanya mengizinkan setengah dari kapasitas gedung. Termasuk saat rapat-rapat dinas dilakukan.

"Ini memang sudah perintah langsung dari pimpinan kami, untuk melakukan protokol kesehatan. Kita terus menekankan kepada anggota untuk menghindari kerumunan, menjaga kesehatan, dan mengkonsumsi vitamin, makanan yang sehat bagi tubuh," lanjutnya.

Lebih lanjut kata Agus, hal itu tidak terkecuali untuk masyarakat atau tamu yang datang ke Lanud Roesmin Nurjadin, seluruhnya wajib mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan di Lanud Roesmin Nurjadin Pakanbaru.

"Kami berpesan kepada masyarakat Riau, khususnya masyarakat Kota Pekanbaru, agar tetap menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini, jauhi kerumunan, jika tidak terlalu penting untuk keluar rumah, lebih baik di rumah bersama keluarga. Agar kita dapat memutus penyebaran virus ini di negeri kita," tutup Agus. ***