PEKANBARU - Taman Wisata Alam Mayang, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau mendukung upaya pemerintah dalam menerapkan masyarakat aman Covid-19, khususnya di bidang wisata alam. Hal itu diwujudkan dengan melakukan sertifikasi CHSE (Cleanlinnes, Health, Safety, and Enviroment) dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Pengelola Alam Mayang Riyono Gede Trisoko mengatakan, untuk mendapatkan Sertifikat CHSE ini, ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi dengan tujuan mencegah penularan Covid-19. Selain menerapkan protokol kesehatan, seperti menyediakan alat pencuci tangan dan sterilisasi, pengelolaan sampah dan pengelolaan arus pengunjung juga harus dilakukan dengan baik.

"Jadi selain mengikuti protokol kesehatan, kita juga mendaftarkan sertifikasi CHSE untuk menjamin Taman Wisata Alam Mayang aman Covid-19. Untuk mendapatkan sertifikat ini, kita harus mendeklarasikan diri telah mengikuti protokol kesehatan," ujarnya, Jumat (30/10/2020).

Ia juga menjelaskan, penerapan protokol kesehatan yang dimaksud, bukan hanya tempat wisata menyediakan peralatan protokol kesehatan yang dibutuhkan, tetapi juga kesadaran bersama pengunjung untuk menerapkannya di lokasi wisata. Oleh karena itu, pihaknya juga bekerjasama dengan aparat setempat, seperti Bhabinkamtibmas serta mitra dengan Teman Sehat.

"Mudah-mudahan Sertifikasi CHSE ini memberikan manfaat positif kepada Alam Mayang dan jaminan kepada wisatawan. Bahwa kita sudah menerapkan protokol kesehatan dan dipantau oleh pemerintah melalui CHSE," pungkasnya.***