SELATPANJANG - Seperti tahun-tahun sebelumnya, Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dan Forkopimda menggelar sholat Idul Fitri 1440 Hijriah bersama masyarakat, kegiatan dalam rangka menyempurnakan ibadah setelah sebulan penuh berpuasa itu dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Jalan Dorak, Selatpanjang, Rabu pagi, (5/6/2019).

Turut mendampingi Bupati Kapolres Meranti AKBP La Ode Proyek SH, Anggota DPRD Meranti, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H Yulian Norwis SE MM, Imam Ustazd Abdullah Mustakim, Khatib Ustaz H Abrar SAg, Staf Ahli Bupati H. M. Arif, Asisten III Sekdakab Meranti H. Rosdaner dan para Pejabat Eselon II dilingkungan Pemkab Meranti, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Putra SH, Camat Tebing Tinggi Helfandi SE M.Si, Tokoh Agama/Adat/Masyarakat dan lainnya. 

Bertindak sebagai Imam Sholat Ied Ustazd Abdullah Mustakim dan Khatib Ustaz  H Abrar SAg.

Dari pantauan media, ribuan masyarakat baik tua, muda hingga anak-anak sangat antusias untuk mengikuti sholat Idul Fitri kali ini, terbukti mulai pukul 7.00 WIB warga terus berdatangan memadati lapangan Kantor Bupati Kepulauan termasuk Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si yang mengenakan stelan gamis hitam putih bersama Forkopimda turut berbaur bersama warga.

Dalam kegiatan Sholat Idul Fitri yang berlangsung khidmat ini, Bupati Meranti terus mengajak masyarakat Meranti dimanapun berada untuk menjaga kekompakan persatuan dan kesatuan.

Selain itu ia mengingatkan kepada masyarakat untuk menjauhi sifat tercela, hasut menghasut yang pada akhirnya akan merugikan diri dan masyarakat sendiri.

Lanjut Bupati, Moment Idul Fitri ini, hendaknya dapat menjadi spirit dan semangat kepada semua untuk membangun Meranti yang lebih baik lagi seperti yang dicita-citakan bersama. Namun semua itu hanya akan terwujud dengan kerja keras dan selau menjaga kehidupan yang aman, damai dan sejahtera. Untuk itu Bupati mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalan menjaga kondusifitas. 

"Mari sama-sama kita jaga keamanan dan ketertiban dilingkungan kita masing masing, " ucapnya. 

Tak lupa orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu mengajak semua pihak untuk menarik hikmah Ramadhan kali ini dengan selalu menjaga kejujuran, disiplin dan sifat tolong menolong antar sesama, serta menjauhi sifat tercela yang hanya akan merusak diri dan orang lain.

"Mari kita jadikan Ramadhan ini sebagai pelajaran untuk meningkatkan ibadah kepada Allah, menjaga kejujuran dan tolong menolong serta menjauhi sifat tercela yang hanya dapat merusak," ucap Bupati.

Terakhir Bupati Irwan mengajak semua masyarakat untuk terus bahu membahu membangun Meranti dengan melakukan apa saja sesuai kemampuan dan porsinya masung-masing.

"Mari kita melakukan sesuatu yang bermanfaat, jika tidak bisa lakukan hal yang besar lakukan hal yang kecil yang berguna bagi diri, lingkungan dan masyarakat," pungkasnya. 

Pada kesempatan itu, Khatib Ustazd  H Abrar SAg, dalam tausiahnya mengajak umat muslim untuk mematuhi segala perintah Allah dan peduli antar sesama serta selalu membina silahturahmi. 

Untuk itu ia berharap segala kebaikan yang didapat selama Ramadhan dijaga sehingga dapat mengantarkan yang bersangkutan dalam ketaqwaan dan khusnul khotimah.

Tak lupa, Abrar S.Ag juga mengajak jemaah untuk terus peka terhadap fakir miskin dan anak yatim. Serta perbanyak membaca Al-Quran sebagai petunjuk arah dan menyelesaikan problem dalam kehidupan dengan mengaplikasikan ajaran Quran dalam kehidupan sehari hari. 

Setelah mendengarkan ceramah rangkaian kegiatan sholat Idul Fitri 1440 H, ditutup dengan salam salaman dan silaturahmi antara masyarakat dengan Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si didampingi Forkopimda dan Pejabat lainnya.

Sementara itu ditempat terpisah Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim juga menggelar kegiatan serupa bersama ratusan warga di Masjid Agung Darul Ulum, Selatpanjang

Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Darul Ulum diimami Ustaz Khairi Candra dan Khatib Helmi Hidayat ST MPd.

Sekedar informasi, seperti disampaikan oleh Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Putra SH kepada media sehari yang lalu, selanjutnya Bupati dan Wakil Bupati menggelar open house di rumah dinas.

Bupati menggelar Open House di kediaman dinasnya di Jalan Dorak, sedangkan Wakil Bupati menggelar open house di rumah dinasnya di Jalan Merdeka.

Selama masa open house tersebut, masyarakat Kepulauan Meranti tampak antusias berdatangan untuk saling bersilaturahmi bersama pemimpin negeri itu. (rls)