PEKANBARU - Indonesia memiliki beragam suku dan budaya, juga dengan masyarakat di Provinsi Riau. Ada keinginan Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengenakan baju sesuai sukunya saat Upacara HUT ke 74 RI, Sabtu (17/8/2019), besok.

"Kepala OPD kita ini ada berbagai suku. Mereka (Kepala OPD) dibebaskan mengenakan memakai baju sesuai sukunya," kata Syamsuar kepada GoRiau.com, Jumat (16/8/2019) usai rapat dengan seluruh Kepala OPD.

Keinginan Syamsuar ini, mencerminkan bagaimana Indonesia yang beraneka ragam suku, budaya dan bahasa, tetap satu dalam kesatuan Negara Republik Indonesia. Meskipun beraneka ragam, Indonesia tetap satu, yang menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika.

"Untuk para undangan, kita juga sudah menghimbau hal yang sama. Namun, ini tidak ada paksaan. Mana yang bisa saja," ungkap Syamsuar.

Ads
Besok, OPD Pemprov Riau melaksanakan upacara bendera dimasing-masing kantornya dan membacakan sambutan Gubernur Riau. Hal yang sama dilakukan instansi vertikal dan setingkat, sera BUMN dan BUMD. Untuk bupati dan walikota saat upacara besok membacakan sambutan Gubernur Riau. ***