SIAK SRI INDRAPURA - Bunda Literasi Kabupaten Siak Rasidah Alfedri menghadiri Seminar Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca dan Musyawarah Nasional Gerakan Pemasyarakatan minat baca ke VI Tahun 2019, yang dilaksanakan di Hotel Aryaduta Jakarta, Kamis pagi (19/9/2019).

Kegiatan itu dilaksanakan Perpustakaan RI bekerjasama dengan Pengurus Pusat Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (PP-GPMB), dengan tema yang disejalankan dengan kebijakan nasional tentang perpustakaan berbasis inklusi sosial “Membangun Masyarakat Cerdas Melalui Gemar Membaca Berbasis Inklusi Sosial”.

Seminar Nasional dan Munas GPMB diselenggarakan selama tiga hari mulai tanggal 18 - 20 September 2019, dan diikuti 250 peserta utusan dari pengurus pusat dan pengurus daerah GPMB berbagai Provinsi, Kabupaten dan kota, pustakawan, pendidik, pengelola perpustakaan, dan pengelola TBM serta pihak-pihak lainnya yang terkait.

Rasidah mengatakan, seminar gerakan pemasyarakatan Minat Baca tersebut merupakan wahana transformasi serta komunikasi strategi antara Pemerintah dan Pemerintah daerah, dengan seluruh masyarakat.

Sementara Munas GPMB merupakan agenda berkala 4 tahunan organisasi mitra perpustakaan nasional yang aktif menangani kegiatan pemasyarakatan kegemaran membaca.

"Harapan kita kegiatan bersempena momentum Seminar Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca dan Musyawarah Nasional Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca ke VII tahun ini, Budaya gemar membaca dapat kita hidupkan di Kabupaten Siak, untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas dimulai hingga ke ceruk-ceruk kampung," terangnya.

Agenda Seminar dan Musyawarah Nasional tersebut diisi dengan materi seputar urgensi literasi oleh aktivis literasi Gol A Gong, Sutradara dan penulis skenario film Danial Rifki, serta novelis Kirana Kejora. ***