SIDOARJO - Pada shalat berjamaah, lazimnya imam dan makmum berada pada lokasi yang sama. Uniknya, shalat Idul Fitri 1441 H di Dusun Semampir, Desa Sidorejo, Kecamatan Krian, Sidoarjo, Jawa Timur, Ahad (24/5/2020) pagi, imam dan makmumnya berada di lokasi berbeda.

Dikutip dari detikcom, ratusan warga Dusun Semampir menjadi makmum shalat Id di depan rumahnya masing-masing.

Jadi, satu keluarga tidak bercampur dengan keluarga lainnya. Mereka juga melarang ada warga luar ikut salat Id di dusun tersebut.

Sedangkan imamnya berada dalam masjid. Mereka melakukan gerakan shalat mengikuti instruksi sang imam yang terdengar melalui pengeras suara.

Meski hanya shalat Id di depan rumah, namun mereka tetap menerapkan protokol kesehatan. Seperti mencuci tangan dan menggunakan masker.

''Setiap halaman rumah harus diisi jamaah satu keluarga, jamaah orang lain atau bukan keluarga tidak diizinkan,'' kata Sutrisno, Ketua RW Dusun Semampir, Desa Sidorejo, Krian, Sidoarjo, Ahad (24/5/2020).

Sutrisno menambahkan, untuk mencegah penyebaran virus corona, usai melakukan shalat Id, warga segera kembali ke rumah masing-masing. Pihaknya melarang warga melakukan silaturahmi seperti pada umumnya.

''Usai pelaksanaan shalat warga harus langsung masuk rumah, tidak diizinkan melakukan silaturahmi,'' tambah Sutrisno.

''Semua ketentuan itu telah disepakati oleh semua warga,'' pungkas Sutrisno.***