JAKARTA - Seekor orangutan berukuran cukup besar duduk tenang dalam masjid saat khatib menyampaikan kutbah Jumat. Hewan dilindungi itu seolah-olah khusuk mendengarkan kutbah Jumat.

Dikutip dari Liputan6.com, peristiwa unik itu terjadi di salah satu masjid di Kutai Timur, Kalimantan Timur belum lama ini. Orangutan tersebut berada dalam masjid bersama jamaah shalat Jumat yang diduga para pekerja perusahaan.

Video kejadian unik itu beredar di media sosial. Dalam video terlihat sang orang utan duduk tenang di lantai dekat jendela masjid. Hewan tersebut terkesan tidak peduli dengan para jamaah shalat Jumat yang berada dalam masjid.

GoRiau Orangutan duduk tenang saat kh
Orangutan duduk tenang saat khatib menyampaikan kutbah pada shalat Jumat dalam salah satu masjid di Kutai Timur. (Foto: Instagram @viralkaltimdotcom via liputan6.com)

"Jamaah yang sangat spesial di Kutai Timur. Mendengarkan ceramah Jumat," tulis unggahan akun Instagram @viralkaltimdotcom pada 23 Desember 2022.

Orangutan ini kabarnya sering berinteraksi dengan warga dalam kesehariannya. Banyak warga setempat yang sering memberikan makanan kepada orangutan tersebut.

Warganet yang menyaksikan video itu pun sangat terkejut melihat orangutan bisa begitu tenang dalam masjid meski banyak orang di sana. Warganet pun ramai memberikan berbagai tanggapannya di kolom komentar video tersebut.

"MasyaAllah apa kabar muslim laki-laki yang bolong shalat jumat," komentar seorang warganet. "Saya sering lihat itu bro otan itu, kalau saya pas otw ke utara sempatkan mampir ke kutim lihat bro otan. Syukur semoga sehat selalu bro otan kita ini," komentar warganet lainnya. "Sesi pertanyaan = apa dosa merusak hutan uztad.?" tulis warganet lainnya.***