SELATPANJANG - Perhelatan Turnamen Sepakbola Mekong Cup ke-16 Tahun 2019 merupakan kegiatan tingkat desa yang sangat positif dan dinilai sangat membantu perekonomian masyarakat.

Selama perhelatan, masyarakat mendapat tempat khusus untuk berjualan, dan itu jangka waktunya lebih satu bulan. Tentunya akan sangat membantu perekonomian bagi masyarakat yang berjualan di lokasi tersebut.

Turnamen yang diikuti sebanyak 84 klub itu telah dimulai pada Minggu (18/8/2019) dan akan dilaksanakan hingga Oktober 2019 mendatang.

Sekda Kepulauan Meranti H Yulian Norwis SE MM, saat meresmikan pembukaan turnamen, mengungkapkan bahwa Turnamen Sepakbola ini merupakan kegiatan tingkat desa yang sangat positif. Selain memberi ruang bagi atlet untuk unjuk kebolehan di lapangan hijau, Mekong Cup juga mampu menghidupkan perekonomian masyarakat sekitar.

"Laporan yang saya terima, pernah Mekong Cup dilaksanakan selama 3 bulan lebih. Selama itu pula masyarakat kita berjualan dengan calon pembeli mencapai ribuan setiap harinya," kata Yulian Norwis.

Kepada masyarakat, Yulian Norwis meminta untuk senantiasa mendukung setiap perhelatan yang digelar di Desa Mekong. Masyarakat yang berpartisipasi meramaikan iven olahraga ini, harus memperhatikan kebersihan barang yang dijual.

"Jangan sampai calon pembeli enggan berbelanja dikarenakan barang dagangan kurang menarik, saya yakin selama Mekong Cup berlangsung, perputaran ekonomi di sini pasti meningkat jika dibandingkan hari-hari biasa. Untuk itu, jaga kualitas jualan, berikan yang terbaik untuk pembeli yang sebagian besar datang dari luar daerah," ingatnya.

Sementara itu, Kepala Desa Mekong, A Rahman S mengatakan, sejak pertama kali melaksanaan turnamen sepakbola di sana, memang sudah melibatkan masyarakat. Pedagang diberikan space untuk mendirikan tempat dagangan tak jauh dari lapangan. Selain berjualan, pedagang juga bisa menyaksikan pertandingan yang berlangsung.

"Memang setiap tahun kita buka kesempatan selebar-lebarnya masyarakat yang ingin berjualan. Dan itu telah dilakukan sejak 26 tahun silam, sejak pertama kali turnamen sepakbola dilaksanakan di Desa Mekong," ungkapnya.***