PEKANBARU - Masyarakat yang melintasi Jalan Bukit Barisan, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru selalu melihat pemandangan yang tidak mengenakkan. Karena setiap hari tumpukan sampah menghiasi jalan tersebut.

Pantauan GoRiau.com di lapangan, sampah-sampah itu berasal dari sampah rumah tangga yang memang dengan sengaja dibuang oleh masyarakat, padahal lahan tempat pembuangan sampah tersebut bukan tempat pembuangan sampah (TPS).

Menurut Surya, salah seorang warga setempat mengatakan sebelumnya tanah lapangan atau lahan tersebut sudah ditutup dengan menggunakan kayu.

"Sebelumnya udah ditutup dengan kayu dan yang buang sampah juga berkurang, sekarang karena kayunya udah gak ada yang buang sampah jadi banyak," katanya, Kamis (3/2/2022).

Lanjut Surya, sampah-sampah tersebut memang hampir setiap pagi diangkut oleh petugas. Hanya saja karena pengangkutan sampah tidak maksimal, sampah masih banyak yang tertinggal.

Sehingga tumpukan sampah semakin banyak karena ditambah dengan sampah yang baru dibuang oleh masyarakat.

"Gak jarang juga sampah ini keluar bau busuk, apalagi Pekanbaru sekarang sering hujan dan ada genangan air disini karena saluran air yang tersumbat," bebernya.

Lebih jauh Surya mengatakan tidak ada alasan lain yang keluar dari masyarakat sehingga memilih membuang sampah di lahan kosong tersebut. Hal ini karena petugas tidak melakukan pengangkutan sampah ke rumah-rumah warga.

"Ya itulah keluhan masyarakat, petugas cuma ambil sampah dari lahan kosong itu aja. Jarang diambil dari rumah kerumah," tutupnya. ***