JAKARTA - Pada Kamis (9/7/2020), terkonfirmasi 2.657 kasus baru positif Covid-19 di Tanah Air. Ini merupakan penambahan harian tertinggi kasus Covid-19 di Indonesia sejak 2 Maret 2020.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, mengatakan, dari 2.657 kasus baru pada Kamis, terbanyak berasal dari klaster Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI AD Bandung, Jawa Barat, yakni sebanyak 962 orang. Total kasus positif Covid di klaster Secapa TNI AD pun menjadi 1.262 orang.

''Penambahan yang cukup banyak untuk Provinsi Jawa Barat ini didapatkan dari klaster yang sudah kita lakukan epidemologi sejak tanggal 29 kemarin berturut-turut, yaitu klaster di pusat pendidikan Sekolah Calon Perwira TNI AD yang kita dapatkan keseluruhan kasus positif dari klaster ini sebanyak 1.262 orang,'' ujar Yuri saat konferensi pers, Kamis (9/7/2020), seperti dikutip dari detik.com.

Dari total 1.262 kasus positif yang teridentifikasi, sambungnya, 17 orang dirawat dan diisolasi di Rumah Sakit Dustira Cimahi karena keluhan ringan.

''Di antaranya yang paling banyak dari 17 orang ini adalah demam, dan beberapa di antaranya mengeluh di pernafasannya, baik batuk maupun agak sesak,'' papar Yuri.

Sementara itu, 1.245 orang lainnya tanpa keluhan apapun dan saat ini semuanya dikarantina di wilayah pendidikan Secapa TNI AD di Bandung. Isolasi dilakukan dengan ketat sesuai protokol kesehatan.

''Seluruh komplek pendidikan Secapa AD di Bandung kita lakukan isolasi, kita lakukan karantina dan kemudian kita larang untuk adanya pergerakan orang, baik masuk ke dalam komplek ataupun masuk ke dalam komplek. Pengawasan ini dilakukan secara ketat oleh unsur dari Kodam III/Siliwangi yang memantau terus menerus sepanjang hari. Sampai dengan hari ini kami dapatkan informasi seluruh peserta yang dipantau yang melaksanakan isolasi dalam keadaan baik,'' jelas Yurianto.***