PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Hasil kelulusan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/MA dan SMK di Kabupaten Pelalawan dikabarkan mencapai 99.02 persen atau turun dibandingkan tahun 2012 yang mencapai 100 persen. Dari prosentase itu delapan (8) siswa dinyatakan tidak lulus.

"Untuk tahun ini, hasil kelulusan kita menurun dibanding tahun lalu. Tahun ini, sebanyak delapan (8) siswa dinyatakan tak lulus UN," terang Kepala Dinas Pendidikan Pelalawan, MD Rizal, pada sejumlah media, Jum'at (24/5/2013).

Rizal menerangkan dari jumlah delapan siswa yang tak lulus itu diantaranya satu (1) siswi dari SMA Negeri 1 Pelalawan, lima (5) siswa dari SMA 1 Bunut, satu (1) siswa dari SMA 1 Bandar Petalangan dan terakhir satu (1) siswa dari SMA 1 Pangkalan Kuras. Ke delapan siswa-siswi tersebut semuanya berasal dari jurusan IPS.

"Tahun ini, jumlah peserta UN SMA itu sebanyak 1903 orang, SMK 595 orang dan MA 115 orang. Sedangkan jumlah siswa yang tidak mengikuti UN SMA sebanyak 23 siswa, SMK 6 siswa dan MA 3 siswa, sementara yang tidak lulus delapan (8) siswa. Jadi jika diprosentasekan maka tingkat kelulusan mencapai 99,02 persen, dan ahsil tersebut menurun dari tahun lalu yang berhasil mencapai 100 persen," bebernya.

Atas hasil UN ini, sambungnya, maka pihak Dinas Pendidikan Pelalawan akan mengevaluasi jurusan IPS yang tidak lulus tahun ini. Dengan kata lain, pihaknya akan memfokuskan kebutuhan guna mendukung jurusan sosial di samping juga memenuhi kebutuhan pendukung eksakta dan non eksakta. "Tak hanya itu, kita bersama tim pengawas dan Dikmen akan mencari penyebabnya juga," tegasnya.

Disinggung soal peringkat di Provinsi Riau sendiri, MD Rizal mengakui bahwa kemungkinan besar Kabupaten Pelalawan tahun ini hanya masuk 10 besar saja. Dan itu jauh dari harapan karena pada tahun lalu, daerah ini berada di peringkat kedua setelah Pekanbaru.

"Memang belum ada pengumuman peringkat namun Riau sendiri nyaris 100 persen tingkat kelulusannya. Sedangkan kita di Kabupaten Pelalawan persoalannya ada delapan (8) siswa yang tidak lulus," ujarnya.

Ditambahkannya, meskipun demikian namun dari nilai UN terutama di jurusan IPA pada mata pelajaran fisika dan kimia banyak siswa yang meraih angka 10,00.

"Tapi alhamdulillah, ini bisa terobat karena jurusan IPA sangat memuaskan hasilnya. Karena itu, kita akan terus bina dan jaga agar terus berprestasi. Paling tidak di sekolah Bernas, SMAN 1 Pangkalan Kerinci dan SMK 1 jurusan IPA sangat berhasil begitu juga dengan sekolah-sekolah yang lainnya," pungkasnya.(ilm)