JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Indonesia akan menghadapi Thailand pada laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Seelasa (10/9/2019) malam. Skuat Garuda menjadikan laga melawan Thailand sebagai momentum kebangkitan.

Kekalahan dari Malaysia pada laga pertama kualifikasi, dengan skor 3-2, diharapkan pelatih Simon McMenemy bisa menjadi pembelajaran berarti untuk skuad Garuda, demi kans lolos ke babak selanjutnya.

"Kami berharap kami bisa mengulangi apa yang kami lakukan pada babak pertama [saat lawan Malaysia], kami butuh lebih pintar, lebih waspada pada lawan yang cerdik, pemain harus lebih hemat soal stamina," urai McMenemy.

"Semua pemain sangat siap, secara mental sangat siap, mereka siap menerima kritik, dan beberapa dari kritik itu tidak adil. Pemain saya adalah petarung, pejuang yang sangat siap. Saya pikir laga ini kami akan memperlihatkan mentalitas yang lebih kuat, saya tahu lawan kami lebih kuat," tegas mantan pelatih Bhayangkara FC dan Timnas Filipina tersebut.

Menurut McMenemy, Evan Dimas cs punya motivasi kuat untuk bangkit saat melawan Thailand. Para pemain harus bisa memperlihatkan bahwa mereka memang layak menghuni skuad timnas.

"Mungkin akan ada orang yang meragukan mereka, tapi pemain ingin memberi pembuktian. Mereka siap berlari sampai mereka tidak bisa lagi berlari," tukasnya.

Sementara, pelatih Thailand, Akira Nishino, mengaku mewaspadai Timnas Indonesia. Ia pun mengomentari keberadaan pemain timnas Indonesia yang bermain di kompetisi Thailand, pada musim ini.

"Indonesia sangat bagus punya beberapa pemain yang juga bermain di Liga Thailand. Kami tidak bisa mencegah mereka untuk memberikan informasi mengenai kami," kata Akira.

"Tetapi jujur saja, sebenarnya menurut saya hal tersebut sangat bagus untuk Indonesia, bahwa mereka memiliki beberapa pemain yang bermain di Liga Thailand," kata pelatih asal Jepang itu.

Pemain Indonesia yang bermain di Thailand adalah Yanto Basna yang membela klub kasta teratas Thailand, Sukhothai, setelah musim sebelumnya bermain untuk Khon Kaen. Sementara, Victor Igbonefo berseragam PTT Rayong, dan pernah membela Nakhon Ratchasima. ***