SELATPANJANG - Tim Relawan Covid-19 Universitas Riau di Desa Kedaburapat, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau telah melaksanakan edukasi Covid-19 kepada masyarakat. Edukasi pertama oleh Kukerta Unri Relawan Covid-19 yaitu dengan pembagian brosur new normal dalam masa pandemi Covid-19.

Tim relawan berjumlah 5 orang diketuai oleh Fitriani, Sekretaris Nurlaila, Bendahara Nursalina, kemudian Ismawati dan Yunita Ade Lestari sebagai anggota. Dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Yesi Hasneli, N S. Kp., MNS. Dalam kegiatan pembagian brosur ini dilaksanakan pada Rabu, 17 Juni 2020, pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai.

"Brosur ini di bagikan berfungsi untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam menanggapi dan mencegah wabah Covid-19 ini, dan menghimbau kepada masyarakat untuk selalu hidup sehat," ujar Fitri.

GoRiau Kukerta Unri Covid-19 di Desa
Kukerta Unri Covid-19 di Desa Kedaburapat, Rangsang Pesisir saat menunjukkan handsanitizer hasil buatannya.
Edukasi kedua adalah dengan melakukan kegiatan sosialisasi pembuatan handsanitizer alami dengan menggunakan bahan daun sirih dan jeruk nipis. Kegiatan ini dilakukan pada Sabtu 20 Juni 2020, di kantor Desa Kedaburapat yang di hadiri oleh Ibu PKK Desa Kedaburapat, dengan jumlah peserta 5 sampai 10 orang.

"Sosialisasi pembuatan handsanitizer alami ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada ibu-ibu, bahwa tidak semua yang dilakukan dan di buat harus menggunakan uang, disamping bahan yang mudah di dapatkan, juga masyarakat bisa menggunakan handsanitizer tanpa alkohol dan juga tanpa ada efek samping, dan ini tentunya akan lebih efektif," ujar Nursalina.

"Saya selalu mendukung apapun kegiatan dari adik-adik mahasiswa yang mengabdikan dirinya ke masyarakat, selagi kegiatan yang dilakukan bernilai positif dan bermanfaat bagi banyak orang, khususnya masyarakat Desa Kedaburapat, kami dari pihak desa akan terus mendukung dan memfasilitasi kegiatan mereka," ungkap Kepala Desa Kedaburapat, Mahadi.S.IP. (rls)