JAKARTA - Gelaran ASEAN Para Games 2022 Solo telah berhasil mencapai tiga target dari empat target sukses yang telah dicanangkan dari awal. Kini, kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali masih menunggu satu target yakni sukses administrasi.

"Saya sudah sampaikan dari awal target kita adalah empat sukses. Pertama sukses penyelenggaraan alhamdulillah selesai, sukses prestasi alhamdulillah kita juara umum. Kemudian sukses ekonomi daerah alhamdulillah kegiatan ini meningkatkan perekonomian di Solo Raya dan Jawa Tengah," kata Menpora Amali yang ditemui saat upacara penutupan ASEAN Para Games Solo 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (6/8/2022).

Menpora Amali mewanti-wanti, agar target sukses yang selanjutnya yakni sukses administrasi, dapat juga tercapai melengkapi tiga sukses yang lain yang telah tercapai dengan tidak adanya penyelewengan dan masalah hukum.

"Kita masih menunggu. Nanti akan diumumkan. Karena ini menggunakan uang negara (APNB) kita ingin transparan, akuntabel tidak terjadi penyimpangan dan penyelewengan, apalagi sampai ada masalah hukum di kemudian hari. Jadi, kalau itu selesai maka empat target sukses yang dicanangkan dari awal mudah-mudahan dapat tercapai," ucap Menpora Amali.

Menpora Amali kembali sampaikan, ucapan terima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah Walikota Surakarta dan semua pihak yang mendukung dan membantu pelaksanaan pesta olahraga difabel Asia Tenggara ini berjalan baik dan lancar.

"Terima kasih Pak Gubernur Jawa Tengah, luar biasa sudah mengikhlaskan daerahnya menjadi tempat. Juga Mas Gibran, saya sangat merasakan bagaimana beliau memanage untuk memastikan seluruh panitia bekerja dengan baik, terima kasih kerjasamanya. Juga bantuan kementerian/lembaga dan para sponsor," pungkas Menpora Amali.

Ditempat yang sama, Ketua Penyelenggara ASEAN Para Games (INASPOC), Gibran Rakabuming Raka menilai pelaksanaan administrasi penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 berjalan tertib.

"Yang jelas administrasi berjalan tertib dan jangan sampai ada masalah-masalah dikemudian hari. Apalagi di back up oleh Kajati, insha Allah aman," ujar Gibran yang juga Walikota Solo. ***