PANGKALANKERINCI - Tiap Kecamatan yang ada di Riau diharapkan memiliki klub olahraga sunnah memanah. Apalagi, selain potensi berprestasi terbuka lebar juga untuk kesehatan dan bernilai ibadah.

Hal ini dikatakan Ketua Persatuan Panahan Nasional (Perpani) Pengprov Riau H Husni Tamrin, Ahad (9/7).

''Ditargetkan semua kecamatan memiliki klub panahan sehingga semua masyarakat mengenal olahraga sunnah yang bernilai ibadah ini,''kata Tamrin saat membuka Turnamen Pelalawan Memanah di lapangan wisata panahan Lagoez Archery, depan Pos I PT RAPP Pangkalan Kerinci. 

Menurut Tamrin, kedepan Perpani siap mendukung event yang digelar di Pelalawan. ''Tak hanya event Provinsi Riau, bahkan kalau memang mendukung lapangannya turnamen tingkat nasional bisa kita laksanakan di Pelalawan,'' ungkapnya. 

Diharapkannya, dengan turnamen Pelalawan Memanah bisa menjadi motivasi untuk masyarakat Pelalawan hingga seluruh kecamatan. ''Perpani Riau siap dukung jika ada turnamen mendatang. Nantinya tak mustahil akan muncul atlet yang mengharumkan nama Riau di kancah nasional dan internasional,''papar Tamrin berharap. 

''Kalau bisa semua kecamatan ada klub panahan,'' ujar Ketua Pengprov Riau. 

Kesempatan yang sama Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pelalawan Andi Yuliandri, S. Kom berharap sama.

''Saya sangat senang sekali karena sudah ada olahraga panahan, saya akui belum mengenal olahraga ini, tapi sangat tertarik setelah mencobanya,''kata Andi mewakili Bupati Pelalawan HM Harris yang berhalangan hadir. 

''Perlu didukung bersama dan diharapkan berkembang di Kecamatan yang ada di Pelalawan dan diharapkan bisa disosialisasikan, ''Karena tak hanya sehat tapi juga sunnah,''ujarnya 

Pemda lanjut mantan Kepala BKD Pelalawan ini, untuk bantuan memang tak bisa, tapi masih ada celah peluang pinjam pakai,''kata Andi menyikapi permintaan Ketua Perpani Pelalawan M Yahya yang juga hadir di kesempatan tersebut. 

''Potensi atlet kita cukup besar jika telah berkembang. Dan dinas siap berdiskusi untuk kemajuan olahraga ini. Apalagi Pelalawan Sehat itu tak hanya berobat gratis,'' beber Andi Yuliandri sambil berharap tetap menjaga sportivitas. 

Ketua pelaksana Wahyu Anugerah mengatakan dilaksanakannya turnamen ingin memperkenal olahraga sunnah ke masyarakat hingga muncul atlet dari Kabupaten Pelalawan yang mampu mengharumkan nama Pelalawan hingga tingkat yang lebih tinggi lagi. 

Lebih 40 peserta dari semua tingkatan, SD, SMP, SMA, Umum yang mengikuti event tersebut. 

Sebelum event utama dilaksanakan, terlebih dulu digelar round eksekutif. Pertandingan kelas spesial 10 meter ini, anggota Koramil Pangkalan Kerinci keluar sebagai juara pertama, Ketua Perpani Riau H Husni Tamrin juara kedua dan Hamdani dari PT RAPP ditempat ketiga.

Turnamen ini juga disemarakkan dengan penampilan dua tiga atlet panahan Riau Diki, Arif dan lainnya. Tembakan atlet binaan Perpani Riau yang mengenai target ini memukau ratusan pasang mata atlet pemula dan umum. 

Sampai berita ini dirilis pertandingan masih berlangsung. ***