PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, bahwa tenaga medis yang sempat melakukan kontak dengan satu pasien yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 di Riau, telah diperiksa kesehatannya.

"Tenaga medis yang kemarin kontak langsung dengan pasien positif Corona, baik yang kontak dengan korban saat di Puskesmas, maupun yang di rumah sakit, semua sudah diperiksa swab," kata Mimi di Pekanbaru, Kamis (26/3/2020).

Mimi menjelaskan kembali, bahwa tindakan uji sampel terhadap tenaga medis yang melakukan kontak dengan pasien positif corona ini, sudah menjadi prosedur yang harus dilakukan sebagai bentuk upaya antisipasi penyebaran wabah dari pasien positif ke manusia lainnya yang berinteraksi dengan korban.

"Jadi mereka (tenaga medis) tetap harus dilakukan swab karena sudah melakukan kontak dengan pasien yang positif Covid-19. Sampai saat ini masih kami tunggu hasil tesnya. Kami memastikan mereka tidak dibenarkan berkegiatan tanpa menggunakan alat pelindung diri," kata Mimi.

Mimi tidak menjelaskan secara rinci berapa total jumlah tenaga medis yang melakukan kontak dengan pasien positif corona.

Hanya saja, dijelaskannya, ada beberapa tenaga medis di Puskesmas dan di RSUD Arifin Achmad yang melakukan kontak tersebut. ***