BENGKALIS - Saat ini terdapat 114 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dengan gejala Covid-19. Dari jumlah tersebut, 72 orang pernah ke negara terjangkit Malaysia.

Kepala Dinas Kesehatan yang juga Koordinator Bidang Teknis Pencegahan dan Pengendalian Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Bengkalis, Ersan Saputra TH, Kamis (26/3/2020), mengatakan, 144 ODP dengan gejala itu tersebar di 12 wilayah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas dari 18 UPT Puskesmas.

Didampingi Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Bengkalis Covid-19, Alwizar, 144 ODP dengan gejala tersebut merupakan data dari tanggal 17-24 Maret 2020. Jika dirinci asal 114 ODP dengan gejala itu, katanya, 72 orang atau 63,16 persen merupakan ODP yang pernah ke negara terjangkit Malaysia.

''Sedangkan sisanya 42 orang atau 36,84 persen adalah mereka yang pernah bepergian ke daerah terjangkit di dalam negeri (Indonesia),'' terangnya.

Ditambahkan Ersan, ada 6 UPT Puskesmas yang di wilayah kerjanya nihil atau tidak terdapat ODP dengan gejala. Yaitu UPT Puskesmas Sadar Jaya (Kecamatan Siak Kecil), UPT Puskesmas Duri Kota dan UPT Puskesmas Pematang Pudu (Mandau), dan UPT Puskesmas Balai Makam (Bathin Solapan).

''Lalu di wilayah kerja UPT Puskesmas Pinggir (Pinggir), dan Puskesmas Batu Panjang (Rupat),'' sambungnya.

Masih menurut Ersan, ODP dengan gejala yang terbanyak dimana yang bersangkutan pernah ke daerah terjangkit Malaysia, ada di wilayah UPT Puskesmas Pematang Duku (Bengkalis), UPT Puskesmas Pambang (Bantan), dan UPT Puskesmas Teluk Lecah (Rupat).

''Di wilayah kerja UPT Puskesmas Pematang Duku ada 25 orang. Sedangkan di wilayah kerja UPT Puskesmas Pambang, dan UPT Puskesmas Teluk Lecah, masing-masing 10 orang,'' paparnya.

Sedangan ODP dengan gejala yang pernah berkunjung ke daerah terjangkit di Indonesia ada di wilayah kerja UPT Puskesmas Sebangar (Bathin Solapan) sebanyak 25 orang.***