DOHA- Karateka putra andalan Indonesia, Ahmad Zigi Zaresta Yuda membuat kejutan pada penampilan perdana pada cabang karate inomor kata perseorangan putra ANOC World Beach Games I 2019 di Katara Beach Doha, Qatar, Sabtu (12/10/2019).

Bersaing di Grup B, Zigi yang semula tidak diunggulkan sukses menembus babak 16 besar. Tampil dengan membawakan jurus Shansai, Zigi menempati peringkat ketiga dengan mengantongi 24,94 poin. Posisi pertama diduduki Ali Sofuoglu (Turki) dengan 25,28 poin, posisi kedua ditenpati Ariel Torres Gutierrez (Amerika Serikat) dengan 25, 00 poin dan Dack Vu Duc Minh (Perancis) dengan 24,26 poin. 

"Ya,  jurus Shansai itu memang menjadi andalan. Dan, saya senang bisa menembus babak 16 besar.Mudah-mudahan saya bisa melangkah ke babak selanjutnya," kata Zigi yang ditemui usai pertandingan. 

Meski sudah lolos, Zigi yang dipersiapkan untuk menembus Olimpiade Tokyo 2020 mengaku belum puas dengan penampilannya. "Masaih banyak kekurangan. Gerakan saya masih belum sempurna," tegasnya. 

Pertandingan babak 16 besar kata perseorangan putra akan dimainkan di tempat yang sama Minggu (13/10/2019).  "Saya belum mau memasang target. Yang pasti,  saya akan gas terus untuk bisa lolos ke babak berikutnya. Soal medali nanti saja," ujarnya lagi. 

"Ya, kita memang akan mengevalusi  kekurangan Zigi pada penampilan perdana. Jadi,  Zigi bisa tampil lebih baik lagi pada babak 16 besar. Dan, saya berharap Zigi mampu melangkah ke babak delapan besar," kata Abdullah Kadir. 

Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, Hellen Sarita de Lima yang selalu setiap mendampingi atlet saat bertanding memuji penampilan Zigi yang terlihat begitu sempurna saat membawakan jurus Shansei. "Gerakan-gerakan Zigi mengundang decak kagum. Jadi, wajar jika Zigi mampu mendapatkan tiket  ke babak 16 besar. Dan, saya berharap Zigi  bisa tampil lebih baik lagi karena saingan yang dihdapi semakin berat," ujarnya. 

Ucapan selamat juga diungkapkan Plt Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahrag Kemenpora, Yuni Poerwanti yang langsung menyaksikan penampilan Zigi. "Luar biasa. Zigi yang tidak diunggulkan mampu menembus babak 16 besar. Mudah-mudahan dia bisa lolos ke babak berikutnya," kata Yuni Poerwanti. ***