PEKANBARU, GORIAU.COM - Kolam renang Sport Center Rumbai belum memenuhi persyaratan untuk menggelar event berskala internasional. Karena itu muncul wacana penambahan lintasan dari delapan lintasan menjadi 10 lintasan untuk persiapan menghadapi Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 mendatang.

Meski demikian, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau masih melakukan kajian apakah lintasan yang ada saat ini bisa digunakan atau tidak. Pemprov tetap berharap, delapan lintasan yang ada saat ini bisa dipergunakan pada Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 mendatang.

Hal tersebut dikatakan Plt Dispora Riau Emrizal Pakis. Ia mengatakan, kajian itu penting dilakukan sebelum dilakukan penambahan menjadi 10 lintasan. Selain mencari referensi didalam berbagai peraturan penyelenggaraan olahraga, Pemprov juga rencananya akan berkonsultasi langsung kepada pengurus ISG.

''Kita masih mengkaji, kita tak ingin keluarkan uang banyak untuk merenovasi, jika ternyata delapan lintasan itu bisa digunakan,'' ujar Emrizal.

Emrizal mengaku hingga saat ini belum mengetahui secara pasti standar yang mengharuskan adanya 10 lintasan tersebut. Ketentuan ini tentu saja harus dipahami secara mendalam. Karena, kata mantan Kepala Bappeda Riau ini, biaya renovasi yang dibutuhkan untuk menjadikan 10 lintasan tersebut sangat besar, yakni mencapai Rp30 miliar. Belum lagi rencana untuk menutup atap venue yang saat ini masih berupa gelanggang terbuka.

''Makanya, karena anggarannya besar, kita tak ingin sembarangan merenovasi. Belum lagi atap venue, apakah harus ditutup atau tidak,'' terangnya. (nti/rsc)