PEKANBARU - Tak hanya belajar dan mengikuti pelatihan, kelompok Tenaga Kerja Mandiri (TKM) diharapkan bisa mempraktikkan ilmu yang sudah didapat dengan membuka peluang usaha.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kota Pekanbaru Johny, S.MT yang diwakili Kasi Disnaker Kota Pekanbaru Yeni, saat menyerahkan sejumlah peralatan masak kue ke peserta kelompok TKM di Tenayan Raya, Jumat (4/10/2019).

"Penyerahan alat-alat masak ini, bertujuan untuk memberdayakan masyarakat umum dan kelompok peserta pelatihan, agar ilmu yang sudah diberikan beberapa saat lalu bisa diimplementasikan langsung," ujar Yeni.

Yeni berharap, dengan menggunakan sejumlah peralatan masak kue yang diberikan langsung ke setiap kelompok kerja TKM. Dan dengan arahan serta pengawasan dari Disnaker, kelompok-kelompok kerja ini bisa memberikan hasil yg nyata dan terukur.

"Dan kita sangat berharap, melalui kelompok ini juga bisa menciptakan wirausaha-wirausahawan yang maju, berkembang serta bisa bersaing dengan wirausahawan lainnya," tandasnya.

"Sehingga, nantinya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan mambantu meningkatkan ekonomi keluarga khususnya dr kelompok-kelmpok yang sudah dibentuk. Dan peralatan memasak ini adalah merupakan bantuan yang bersumber dari anggaran APBN 2019," timpalnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat yang juga bagian dari kelompok TKM di Kelurahan Mentangor, Kec.Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Ade Gunawan mengapresiasi adanya penyerahan peralatan memasak oleh Dinas Tenaga Kerja itu.

"Penyerahan alat memasak ke kelompok peserta pelatihan ini, bisa menjadi contoh dinas-dinas lainnya yang juga memberikan pelatihan ke TKM," ujarnya.

Dengan demikian kata Ade, semua ilmu yang sudah diberikan bisa bermanfaat dan bisa langsung diimplementasikan oleh peserta pelatihan.

"Karena peralatan dan ilmu diberikan langsung pihak penyelenggara. Bukan hanya ilmu pada saat pelatihan saja," imbaunya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Bougenville Meta Dwi Rahayu mengatakan, ia dan kawan-kawan sejawatnya akan menggunakan peralatan yang sudah diberikan sesuai dengan keinginan dari Disnaker.

"Peralatan memasak kue baik untuk kue kering dan kue basah ini sangat kami butuhkan. Dan ini juga memicu kami untuk mempraktikkan ilmu yang sudah kami dapat," ujarnya.

"Semoga kegiatan pelatihan dan pemberian peralatan pendukung ilmu dari pelatihan yang kami terima akan lebih sering dilaksanakan di lingkungan kita. Terakhir kami menucapkan terimakasih kepada Bapak Ade Gunawan, yang sudah menjembatani kelompok kami dengan pihak Disnaker, sehingga kegiatan ini bisa kami laksanakan," pungkasnya. ***