PEKANBARU - Tahun ajaran baru sudah dimulai hari ini, Senin (13/7/2020). Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru mengingatkan agar masing-masing sekolah tetap menerapkan sistem belajar jarak jauh bagi para peserta didik.

Hal ini disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas, mengingat Kota Pekanbaru masih dalam zona penyebaran virus Corona penyebab Covid-19. Sesuai arahan dari Kementrian Pendidikan (Kemendikbud), hanya daerah yang berada di zona hijau yang dapat menerapkan sistem belajar tatap muka selama pandemi Covid-19 ini.

"Ini berlaku untuk sekolah negeri maupun swasta, karena surat edaran (SE) sudah jelas, proses belajar mengajar tetap di rumah. Kalau masih tidak mengindahkan, kita laporkan ke gugus tugas karena melanggar ketentuan dalam kondisi pandemi covid-19,"ujarnya.

Ia mengakui memang ada sejumlah orang tua yang keberatan dengan sistem belajar jarak jauh atau sistem online ini. Alasannya terutama karena kurangnya fasilitas untuk menerapkan sistem tersebut.

"Kalau paket mungkin masih bisa, tapi kalau laptop mungkin sulit. Maka kita sarankan, yang rumahnya berdekatan bisa bergabung dengan tetangganya,"terangnya.

Selain itu, ia juga berharap agar orang tua peserta didik selalu mengupdate informasi dari sekolah dan sekolah juga harus memberikan informasi kepada wali murid.

"Agar jangan ada orangtua yang nanti salah paham dan membawa anaknya ke sekolah karena sudah mulai ajaran baru. Wali murid kita imbau untuk selalu berkoordinasi dengan sekolah dan sebaliknya," pungkasnya.***