TELUKKUANTAN - Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Kuantan Singingi (Kuansing), Riau untuk menyucikan diri jelang bulan Ramadan. Penyucian diri itu ditandai dengan mandi 'balimau'.

Di Kuansing sendiri sangat banyak tempat mandi 'balimau', seperti di Muara Lembu, Lubukjambi dan Benai. Namun, pada tahun 2017 ini, masyarakat lebih memfavoritkan Tabijo, sebuah objek wisata yang terletak di Desa Petai Kuansing.

Tabijo ini merupakan bagian dari sebuah sungai yang tepatnya berada di pinggiran kawasan margasatwa Bukit Rimbang Baling. Kondisi air yang jernih dan alam yang sangat natural, menjadikan momen mandi 'balimau' semakin seru.

Menurut Rio Irawan, Ketua Pemuda Petai, mandi 'balimau' di Tabijo akan lebih seru, karena panitia telah menyiapkan berbagai hiburan.

"Akan ada penampilan artis lokal Kuansing dan aneka permainan tradisional, seperti panjat pinang," ujar Rio kepada GoRiau.com, Kamis (25/5/2017) pagi di Telukkuantan.

Sebenarnya, objek wisata Tabijo sudah tak asing lagi bagi masyarakat Kuansing. Lokasi ini berjarak sekitar 45 menit dari Kota Telukkuantan, ibukota Kabupaten Kuantan Singingi atau dua jam perjalanan dari Kota Pekanbaru.***