PEKANBARU - Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) I Sumatera tahun 2020 terancam tertunda pasca Provinsi Sumatera Barat, selalu tuan rumah mengundurkan diri akibat pandemi virus Corona. Pengunduran diri tersebut telah disampaikan secara resmi kepada Kementrian Olahraga (Kemenpora) RI tertanggal 21 April 2020 lalu.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau, Boby Rachmat mengkonfirmasi penundaan tersebut. Menurutnya, Provinsi Riau sebagai salah satu peserta Popwil I Sumatera juga sudah menerima informasi dari Kemenpora untuk merundingkan kembali pelaksanaan kejuaraan olahraga bergengsi ini bersama provinsi peserta lainnya.

"Informasi terakhir dari Kemenpora RI, Sumbar sudah mengundurkan diri sebagai tuan rumah Popwil 2020. Nah, kita menunggu arahan Kemenpora selanjutnya, kabar terakhir Kemenpora akan meminta beberapa pendapat dari provinsi-provinsi yang jadi peserta," ujar Boby, Kamis (9/7/2020).

Sementara itu, ketika disinggung apakah Provinsi Riau berniat mengajukan diri sebagai tuan rumah pengganti, Boby menjelaskan belum memikirkan hal tersebut. Pasalnya, Provinsi Riau sendiri sampai saat ini masih berfokus menanggulangi pandemi Covid-19.

"Kita tentunya menunggu keputusan Kemenpora RI. Tapi kalaupun kita ditunjuk, kita sampaikan saat ini kondisi kita tengah fokus (menanggulangi) virus Corona," pungkasnya.***