RENGAT, GORIAU.COM - Atlet Catur Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau yang tergabung dalam Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Catur Seluruh Indonesia ( Percasi) berhasil meraih prestasi gemilang pada Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Riau 2013 yang diselenggarakan di Pekanbaru 31 Mei - 3 Juni 2013 lalu. Inhu meraih 2 emas 4 perak 5 perunggu.


Prestasi ini merupakan rekor terbaru bagi Inhu dalam dua dasa warsa terakhir. Dari Kejurprov ini Inhu juga berhasil mencatatkan 6 atlet untuk diikutkan pada kejurnas yang akan dilselenggarakan dalam waktu dekat. Inhu kini sudah berubah, selain meraih medali pada Kejurprov, beberapa prestasi juga diraih pada O2SN tingkat sekolah SD, SMP dan SMK.


Ketua Pengcab Percasi Kab Inhu H Erizal didampingi Sekertaris Percasi, Sudirman saat dimintai komentarnya mengatakan atlet catur yang telah dibina dan meraih medali emas dalam O2SN tingkat SMK dan memperoleh 1 emas adalah Tito Fernando pada 8-10 mei 2013 dan O2SN tingkat SD yakni Rahmi Agusnur Rezita Siswa SDN 001 Air Molek. Keduanya juga berhak mengikuti kejuaraan tingkat nasional (Kejurnas) yang akan dilaksanakan di Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) bulan juli mendatang.


Pada O2SN tingkat SMP tersebut kita juga berhasil meraih medali perunggu atas nama Riski, yang secara keseluruhan adalah hasil binaan percasi Inhu sejak kepengurusan yang baru, selain itu, dalam Kejurprov Riau baru baru ini, atlit Inhu dalam kurun waktu 2 dasa warsa telah memecahkan rekor dengan 6 orang lolos mengikuti kejurnas dijakarta" sebutnya.


Dijelaskannya, atlet inhu yang segera mengikuti kejurnas yakni syamsir alam, Yuni veronika, ajeng sawitri, Rudon situmorang dan milka manalu dan mereka segera diberangkatkan pada 26 juni 2013 ke Jakarta guna mengikuti kejurnas pada tanggal 28/juni s/d 7 juli. Dan Pendaftaran harus sudah masuk ke pengprov Percasi Riau paling lambat tanggal 11 juni. Sebutnya


Dikatakannya Atlit yg lolos di kejurprov O2SN berpotensi membela tim kabupaten inhu di Porprov tahun 2014 mendatang, diharap Dengan sejumlah prestasi yang telah diraih, pembinaan bagi atlit Catur Inhu Ini dapat perhatian pemkab Inhu dan mengharap alokasi dana menyangkut persiapan di kejurnas dapat pertimbangan pemkab Inhu. Pintanya


Ditambahkannya bahwa dalam porprov september tahun 2014 mendatang, dimana inhu sebagai tuan rumah ,dan sebagai informasi, medali emas cabang catur yg diperebutkan sebanyk 18 medali, hal ini atlit cabor catur inhu berpeluang besar merebut sejumlah medali dan diharapkan dari cabor catur Atlit dapat membawa nama baik pemerintah daerah kabupaten Indragiri Hulu .ujarnya.

Sementara itu Ketua Ketua Umum KONI Kab. Inhu H. Sunardi Ibrahim ketika dimintai Keterangan terkait hal ini kamis (6/6) di Rengat mengatakan bahwa sangat support terhadap keberhasilan para atlit Percasi Inhu yang telah sukses meraih prestasi pada ajang Kejuaraan Provinsi Riau yang dilaksanakan di Pekan Baru.

Kita juga sangat mendukung para atlit yang akan diberangkatkan ke Kaltim untuk mengikuti Kejurnas, karena ini adalah bentuk poembianaan atit yang akan mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov). Riau yang akan dilaksanakan di Inhu, dan KONI Kab. Inhu akan memberikan Bonus Kepada Para Atlit yang berhasil meraih Mendali pada Porprov. Riau VIII yang akan dilaksanakan di Kab. Inhu pada tahun 2014 mendatang, pungkasnya. (aun)