PEKANBARU - Vaksinasi Covid-19 memberikan dua manfaat pada pencegahan virus Corona penyebab Covid-19. Pertama, mengurangi keparahan penyakit pada orang yang terkena dan membuat virus kurang menular pada orang lain.

Meskipun demikian, orang yang sudah vaksin masih berkemungkinan untuk terpapar Covid-19. Data baru yang dipublikasikan di aplikasi ZOE COVID Symptom Study Inggris menunjukkan ada gejala COVID-19 yabg hanya pada orang yang telah divaksinasi.

Menurut data baru yang diterbitkan oleh aplikasi ZOE COVID Symptom Study, studi COVID-19 terbesar di dunia yang sedang berlangsung, bersin lebih sering dari biasanya dapat menjadi tanda COVID-19 pada orang yang telah divaksinasi. Seperti yang dijelaskan tim peneliti, bersin biasanya bukan gejala COVID-19 dan lebih mungkin menjadi tanda pilek atau alergi biasa.

"Meskipun banyak orang dengan COVID-19 mungkin bersin, itu bukan gejala pasti karena bersin sangat umum, terutama di bulan-bulan hangat di mana orang mungkin mengalami demam," kata tim peneliti, dilansir dari Express.

Penting untuk diingat hubungan antara bersin dan COVID-19 tidak terlalu kuat sehingga Anda harus tetap waspada terhadap 20 gejala penyakit lainnya, baik yang sudah vaksinasi atau belum. Gejalanya meliputi:  

Demam dengan suhu tinggi

Menggigil

Batuk terus menerus

Kehilangan atau perubahan Indra penciuman

Kehilangan atau perubahan rasa

Sakit kepala

Kelelahan yang tidak biasa

Sakit tenggorokan

Kebingungan yang tiba-tiba, terutama pada orang tua

Ruam kulit

Perubahan pada mulut atau lidah

Jari tangan atau kaki merah dan sakit

Sesak nafas

Nyeri dada

Nyeri otot

Suara serak

Diare

Sulit makan

Sakit perut

Pilek. ***