SIAK - Istana Asherayah Al Hasyimiyah atau yang lebih dikenal Istana Siak sudah lama tutup karena pendemi Covid-19. Warga Siak mengaku sedih dan sangat rindu ingin masuk ke bangunan yang sangat megah itu.

Istana yang berdiri di tepian Sungai Siak, Riau ini kini hanya dapat dilihat dari luar pagar saja. Jangankan ingin melihat ke dalam Istana, masuk ke dalam komplek Istana saja tidak dibolehkan oleh petugas Satpol PP di pintu penjagaan.

"Biasanya kalau weekend (akhir pekan) begini, kami selalu berkunjung ke Istana. Setelah masuk ke Istana, kami lanjut membawa anak-anak bermain di turap Tepian Sungai Jantan. Tapi sekarang cuma bisa melihat dari jauh saja, Istana tutup, turap juga sepi," kata Latifa kepada GoRiau.com, Sabtu (13/6/2020).

Kata Latifa, yang membuatnya selalu rindu ingin masuk ke dalam Istana Siak karena masing-masing ruangan dihiasi oleh ornamen-ornamen yang mewah. Apalagi benda-benda peninggalan kerajaan Siak ini didatangkan dari Benua Eropa.

"Jadi kalau masuk ke dalam Istana itu, seolah-olah kita bisa ikut merasakan bagaimana kehidupan pada zaman sultan Siak dulu," kata Latifah berharap Pandemi Covid-19 cepat berlalu dan Istana segera dibuka kembali.

Latifa menyebutkan, wacana Pemkab Siak akan membuka Istana Siak sempat terdengar beberapa waktu lalu. Namun hingga kini, wacana tersebut belum juga terealisasi.

"Katanya setelah PSBB kemarin, Istana Siak akan dibuka lagi, tapi sampai sekarang belum juga lagi dibuka. Kasihan juga sama yang pedagang di sekitar Istana, biasanya mereka mendapat penghasilan untuk kebutuhan hidup dari berjualan di sana. Sekarang mereka tidak berjualan lagi, karena Istana Siak tutup," kata Latifa lagi. (advertorial)