PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mendata masih tersisa 8.000 vaksin, yang diperuntukkan bagi vaksinasi gelombang lansia dan pelayan publik di Kota Pekanbaru. Vaksin tersebut merupakan jenis Sinovac.

"Masih sekitar 8.000 lebih, tetapi itu belum dihitung untuk pemakaian hari ini," ujar Sekretaris Diskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih, Kamis (1/4/2021).

Zaini menjelaskan bahwa saat ini pihak Diskes sudah bekerjasama dengan 28 rumah sakit dan 21 Puskesmas untuk mempercepat proses vaksinasi di Kota Pekanbaru. Sementara ini, setidaknya sudah ada 5.269 lansia yang telah vaksin dan 27.991 pelayan publik.

"Kalau tenaga kesehatan (Nakes) yang bertugas di fasilitas kesehatan di Kota Pekanbaru telah tuntas seluruh nya. Ada sekitar 14.000 Nakes yang telah menjalani vaksinasi," ungkapnya.

Dalam waktu dekat, Diskes juga akan melakukan vaksinasi massal kepada kelompok Lansia, LPM, dan tokoh agama. Jumlah penerima vaksin dalam kelompok ini berkisar mencapai 5.000 orang.

Bagi masyarakat yang ingin vaksin hanya cukup menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) ke fasilitas kesehatan terdekat. ***