PEKANBARU - Sebanyak 86 mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Lukman Edy (STAILe) Pekanbaru, Provinsi Riau, mengikuti yudisium Sarjana S1 Angkatan III STAILe. Mahasiswa ini berasal dari dua program studi yakni Perbankan Syariah dan Hukum Keluarga.

Ketua STAILe Pekanbaru, M Syahrial mengatakan, bahwa yudisium kali ini merupakan yudisium ketiga yang telah dilakukan. Di mana, yudisium ini adalah yudisium dengan peserta terbanyak yakni 86 orang.

"Ini merupakan yudisium dengan peserta terbanyak yang pernah kita lakukan. Yudisium yang pertama kita ada 36 orang, kedua 52 orang dan kali ini 86 orang. Ini membuktikan adanya peningkatan setiap tahunnya," katanya di Pekanbaru, Selasa (26/3/2019).

Lanjutnya, gelaran ini merupakan momen penting bagi para mahasiswa dan juga merupakan tradisi di perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Sebab merupakan bagian dari kelulusan yang kemudian dilanjutkan dengan gelaran wisuda.

"Kita berharap seluruh peserta menjadikan proses belajar sebagai cambuk motivasi dalam bersaing didunia kerja," katanya.

Ia menuturkan bahwa dia optimis dengan mampu bersainya lulusan di dunia kerja sesuai dengan jurusannya masing-masing. Bahkan sebagian besar dari peserta yudiaium ini telah memiliki pekerjaan tetap, bahkan salah satu diantaranya kini menjabat sebagai Direktur di salah satu bank konvensional yang beroperasi di Pekanbaru.

"Kita yakin para lulusan mampu bersaing di pasar pekerja. Seperti perbankan dan juga hukum. Namun memang, kembali lagi kepada individu lulusan sendiri," terangnya.

Dia juga menekankan saat ini tantangan di pasar kerja pebankkan cukup tinggi, dimana saat ini tengah memasuki era 4.0 yang menuntut pekerja menguasai teknologi-teknologi yang terus berkembang.

"Memang pasar ruang kerja semakin sempit, persaingan semakin ketat, jadi kita berharap alumni kita mampu bersaing dan lebih kreatif. Pilihan lain yang juga sangat menjajikan adalah menjadi pengusaha (entreprenuer) dan kita sudah hadirkan program tersebut," paparnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Laman Emas Riau Bangkit, Nurkhozin S Hadi menambahkan STAILe Pekanbaru merupakan sekolah tinggi agama yang pertama kali mendapatkan akredetasi B di wilayah Riau sejak 3 bulan lalu. Namun saat ini telah ada beberapa yang sudah menyandang akredetasi tersebut.

"Kita berharap dengan didorong akredetasi tersebut lulusan mampu menangkap peluang di dunia kerja. Salah satunya yakni peluang entreprenuer syariah di zaman millenial. Tentu ini perlu disikapi dengan subgguh-sungguh. Kalau kita sepelekan tidak menutup kemungkinan kita akan kalah," paparnya.

Ia mengatakan, hari ini adalah titik awal lukusan untuk menjadi lebih baik, untuk itu dia mengharapkan kebangkitan umat di tahun- tahun mendatang dipelopori alumni STAILe.

"Kita berharap dimanapun alumni kita bertugas, selalulah memakmurkan masjid. Insyallah ekonomi akan dikuasai, keberkahan hidup dan semua masalah tidak menjadi sulit," tutupnya.***