PEKANBARU - Ketua Fraksi PAN DPRD Riau, Zulfi Mursal berharap kepada Golkar supaya bisa menunjuk Ketua DPRD Riau yang bisa menjadi jembatan bagi fraksi-fraksi lain kepada Pemerintah Daerah.

Diakui Mantan Ketua DPRD Siak ini, pihaknya tidak bisa mengintervensi keputusan Golkar, namun jika ditanya harapan tentu dia berharap siapapun yang jadi Ketua DPRD bisa mengakomodir kepentingan semua Anggota DPRD Riau.

"Ketua DPRD Riau ini diharapkan bisa mengakomodir kepentingan seluruh anggota, karena kan dia berbicara atas nama lembaga. Tentu dia harus bisa membawa lembaga ini lebih kuat, berwibawa dan me-manage kepentingan masyarakat yang telah dititipkan melalui Anggota DPRD," jelasnya kepada GoRiau.com, Senin (26/10/2020).

Sebab, kata Zulfi, 65 Anggota DPRD Riau yang sudah dipilih melalui Pemilu Legislatif 2019 ini, tentu masing-masing sudah membawa kepentingan masyarakat yang ada di Dapilnya.

Nah, misi-misi pembangunan inilah yang harus disampaikan oleh Ketua DPRD Riau kepada Pemerintah, dalam hal ini Gubernur Riau. Karena Ketua DPRD Riau adalah simbol lembaga DPRD.

"Jadi, Ketua ini harus bisa bersinergi untuk bagaimana harapan masyarakat itu bisa terakomodir dengan baik melalui APBD. Makanya, dia harus orang yang komunikatif karena akan menjadi fasilitator," ungkapnya.

Terkait adanya nama Calon Ketua DPRD Riau yang dikait-kaitkan sekampung dengan Gubernur Riau, Syamsuar, menurut Zulfi hal itu tidak masalah karena DPRD Riau sifatnya adalah kolektif kolegial.

"Tidak bisa begiru, DPRD itu kolektif kolegial. Jadi dari manapun dia, selagi bisa mengakomodir anggota dan lembaga. Nak dari Rohil, nak dari Inhu, nak Pekanbaru, ya tidak ada masalah," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, sebulan lebih pasca Indra Gunawan Eet menyatakan mundur dari DPRD Riau untuk maju di Pilkada Bengkalis, Kursi Ketua DPRD Riau masih kosong. Sempat senyap, isu perebutan kursi BM 3 ini kembali mengemuka beberapa hari belakangan.

Info yang dirangkum GoRiau.com, ada tiga nama yang akan diusulkan oleh DPD Golkar Riau mereka adalah Ketua Fraksi Golkar DPRD Riau, Yulisman serta dua Anggota Fraksi yakni Karmila Sari dan Ramos Teddy Sianturi.***